PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN PASEBAN

Muasyaroh, Alfi Nail (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN PASEBAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000012_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000012_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada matematika kelas V SDN Paseban, Kebunagung, Demak. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas V SDN Paseban. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Prettest-Posttest Only Control Group Design dengan menggunakan pre-tes dan post-test sebagai dasar pengambilan data. Populasi dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas V SDN Paseban dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika yang diperoleh dari hasil pretest 61,88 dan hasil posttest 85,77 serta hasil perhitungan statitik inferesnsial diperoleh thitung = 6.567 dan ttabel = 2.364 thitung > ttabel atau 6.567 > 2.364 dan nilai sig.( 2-failed) diperoleh 0.001. maka diperoleh sig. (2-failed) < 0.05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan rata-rata nilai tes sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Berdasarkan pengujian diatas menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada matematika kelas V SD N Paseban. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Kemampuan, Berpikir kreatif, Matematika, Project Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:18
Last Modified: 09 Aug 2024 02:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35300

Actions (login required)

View Item View Item