KESALAHAN TUTURAN FONOLOGI DALAM KANAL YOUTUBE TOMOHIRO YAMASHITA PERIODE OKTOBER—DESEMBER 2023 DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIPA LEVEL 4

Hakim, Muhammad Luthfi (2024) KESALAHAN TUTURAN FONOLOGI DALAM KANAL YOUTUBE TOMOHIRO YAMASHITA PERIODE OKTOBER—DESEMBER 2023 DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIPA LEVEL 4. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102000020_fullpdf.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102000020_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)

Abstract

Seorang pengguna TikTok Danang Giri Sadewa dengan akun @thesadewa beberapa bulan yang lalu mengunggah video wawancara dengan mahasiswa baru UGM Yogyakarta dengan judul “Testimoni Maba UGM Jalur Hoki”. Video berdurasi 30 detik tersebut kemudian viral karena penggunaan bahasa dan gaya ekspresi dari salah satu narasumber. Kata “bercanda” yang dituturkan di akhir kemudian meledak (booming) karena dianggap lucu atau unik oleh para penonton. Salah satu narasumber tersebut menuturkan kalimat-kalimat dengan intonasi yang berlebih, terutama pada kata “bercanda” dengan nada yang ditekan sehingga terkesan mendapatkan penambahan fonem /y/ pada silabel “can” yang jika dituliskan akan seperti “bercyanda”. Fenomena bahasa gaul menjadi tren bagi pemuda agar dianggap keren. Internet menjadi wadah yang tepat untuk mengekspresikan apa saja, termasuk berbahasa (berkomunikasi). Meskipun dalam internet bukan merupakan ragam formal, tapi tetap saja setiap penutur haruslah menuturkan bahasa sesuai dengan pedoman yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan berbahasa tataran fonologi yang dilakukan penutur asing dalam kanal YouTube Tomohiro Yamashita. Adapun manfaat yang didapat dari penelitian ini adalah menjadi sumbangan bagi pengembangan bahasa Indonesia dan bermanfaat bagi mahasiswa, guru bahasa Indonesia, serta peneliti selanjutnya sebagai referensi atau acuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Menggunakan metode penelitian deksriptif kualitatif dengan data berupa 17 video dari bulan Oktober sampai dengan Desember 2023. Dari hasil penelitian yang dilakukan, penulis menemukan 185 data kesalahan berbahasa tataran fonologi yang meliputi 120 kesalahan perubahan fonem, 20 kesalahan penghilangan fonem, serta 40 kesalahan penambahan fonem. Kata kunci: fonologi, kesalahan berbahasa, tuturan, YouTube, Tomohiro Yamashita, BIPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Aug 2024 08:03
Last Modified: 06 Aug 2024 08:03
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35268

Actions (login required)

View Item View Item