AFIKSASI TEKS BERITA TEMA PENDIDIKAN PADA WEBSITE CNBC INDONESIA EDISI SEPTEMBER 2023 DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI MATERI AJAR MENULIS TEKS BERITA FASE D

Sephiana, Faza (2024) AFIKSASI TEKS BERITA TEMA PENDIDIKAN PADA WEBSITE CNBC INDONESIA EDISI SEPTEMBER 2023 DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI MATERI AJAR MENULIS TEKS BERITA FASE D. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102000011_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102000011_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)

Abstract

Afiksasi sering digunakan dalam teks berita. Afiksasi yang ditemukan dapat berupa awalan (prefiks), sisipan (infiks), akhiran (sufiks) atau awal dan akhir kata (konfiks) yang ditambahkan ke kata dasar untuk menghasilkan kata baru dengan makna atau fungsi yang berbeda. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan jenis afiksasi dalam teks berita bertema pendidikan pada website CNBC Indonesia serta implikasinya terhadap materi ajar menulis teks berita kelas Fase D. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis afiksasi yang ditemukan dalam teks berita di website CNBC Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan 141 kata imbuhan yang terdapat dalam teks berita di website CNBC Indonesia. Afiksasi yang dominan digunakan dalam teks berita di website CNBC Indonesia adalah prefiks yang berjumlah 65 kata berimbuhan. Selain itu penelitian ini juga membahas mengenai implementasinya sebagai pembelajaran menulis teks berita fase D. Guru dapat menggunakan hasil penelitian sebagai materi ajar dalam proses pembelajaran dan dapat disampaikan dalam bentuk PowerPoint. Terdapat beberapa data atau kalimat afiksasi dalam teks berita tersebut yang menarik untuk dapat dijadikan sebagai implementasi menulis teks berita pada sebuah PowerPoint. Kata Kunci: afiksasi, teks berita, dan implementasi materi ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:42
Last Modified: 06 Aug 2024 03:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35265

Actions (login required)

View Item View Item