TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM CERAMAH USTADZAH HALIMAH ALAYDRUS BERTEMA “BIRRUL WALIDAIN” DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASIF PADA POSTER FASE D

Khoirina, Ana (2024) TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM CERAMAH USTADZAH HALIMAH ALAYDRUS BERTEMA “BIRRUL WALIDAIN” DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASIF PADA POSTER FASE D. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102000008_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102000008_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)

Abstract

Tindak tutur direktif sering digunakan dalam ceramah agama. Tuturan direktif yang ditemukan seperti fungsi meminta, mengajak, memerintah, mengizinkan, melarang,dan menasihati. Maka dari itu, pada penelitian ini bertujuan unutk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur direktif dalam ceramah Ustadzah Halimah Alaydrus bertema “Birrul Walidain” serta implikasinya terhadap pembelajaran menulis teks persuasif pada poster kelas Fase D. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik SBLC (Simak Bebas Libat Cakap). Data dalam penelitian ini berupa tuturan yang dituturkan oleh Ustadzah Halimah Alaydrus dengan tema birrul walidain dan data berupa tuturan yang termasuk ke dalam tindak tutur direktif. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis pragmatik. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat dua data yaitu bentuk dan fungsi tindak tutur direktif yang masing-masing ditemukan 69 data dan dijumlahkan menjadi 138 data. Adapun bentuk tindak tutur direktif yang ditemukan yaitu bentuk permintaan, perintah, pemberian izin, larangan, dan nasihat. Serta fungsi yang ditemukan yaitu fungsi meminta, berdoa, mengajak, memerintah, mengarahkan, menpersilahkan, melarang, bertanya, menasihato, dan menyarankan. Tindak tutur direktif yang dominan digunakan dalam ceramah Ustadzah Halimah Alaydrus bertema birrul walidain adalah bentuk perintah dan fungsi melarang. Hasil penelitian tindak tutur dalam ceramah Ustadzah Halimah Alaydrus bertema birrul walidain dapat diimplementasikan terhadap pembelajaran menulis teks persuasif pada poster. Guru dapat menggunakan hasil penelitian sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran dan dapat disampaikan dalam bentuk poster. Terdapat beberapa data atau kalimat tindak tutur direktif dalam ceramah tersebut yang menarik untuk dapat dijadikan sebagai implementasi menulis teks persuasif pada sebuah poster. Kata Kunci: tindak tutur direktif, ceramah, dan implementasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:25
Last Modified: 07 Aug 2024 02:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35261

Actions (login required)

View Item View Item