TANGGUNG JAWAB NOTARIS ATAS PEMBUATAN AKTA PERNYATAAN KEPUTUSAN RAPAT BERDASARKAN KEPUTUSAN RAPAT SIRKULER SEBAGAI PENGGANTI DARI RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM (RUPS)

NAIM, MUHAMMAD NUR WAHID (2024) TANGGUNG JAWAB NOTARIS ATAS PEMBUATAN AKTA PERNYATAAN KEPUTUSAN RAPAT BERDASARKAN KEPUTUSAN RAPAT SIRKULER SEBAGAI PENGGANTI DARI RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM (RUPS). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Kenotariatan_21302100051_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Kenotariatan_21302100051_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Undang-Undang Perseroan Terbatas menempatkan profesi notaris dalam kedudukan yang sangat penting untuk lahir dan eksistensinya suatu Perseroan Terbatas. Setiap perubahan anggaran dasar harus ditetapkan berdasarkan hasil keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). RUPS sendiri terdiri dari RUPS Tahunan dan RUPS lainnya yang mana termasuk RUPSLB (Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa) serta terdapat adanya keputusan sirkuler yang mana keputusannya juga sama halnya mengikat secara sah mengikat secara sah dan memiliki kekuatan hukum apabila seluruh pemegang saham menyetujui secara tertulis dengan menandatangani usul yang bersangkutan walaupun dalam pelaksanaannya seluruh pemegang saham tidak hadir secara fisik. RUPS harus dituangkan dalam bentuk akta notaris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai tanggung jawab notaris atas pembuatan akta pernyataan keputusan rapat berdasarkan keputusan rapat sirkuler sebagai pengganti dari rapat umum pemegang saham (RUPS) dan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai kedudukan akta notaris yang Dibuat Terkait dengan Adanya Gugatan Perbuatan Melawan Hukum Akibat dari Akta Pernyataan Keputusan Rapat Berdasarkan Keputusan Rapat Sirkuler sebagai Pengganti dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan yang bersifat yuridis normatif dan dari hasil penelitian penulis terdapat beberapa permasalahan yang timbul akibat pembuatan akta perubahaan anggaran dasar oleh notaris yang berdasarkan keputusan sirkuler. Hasil penelitian bahwa notaris tidak bertanggung jawab atas segala macam kebenaran substansial dari keterangan para pihak yang dituangkan dalam akta keputusan sirkuler dan akta yang dibuatnya karena adanya gugatan perbuatan melawan hukum tidak serta menjadikannya batal demi hukum jika unsur perbuatan melawan hukum tidak terpenuhi. Keyword: Keputusan Sirkuler, Perubahan Anggaran Dasar Perseroan Terbatas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:39
Last Modified: 06 Aug 2024 03:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35245

Actions (login required)

View Item View Item