ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA JENJANG SMP KELAS VII TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI OPERASI HITUNG ALJABAR

Hidayah, Nur (2024) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA JENJANG SMP KELAS VII TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI OPERASI HITUNG ALJABAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000039_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000039_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada deskripsi pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis pada materi operasi hitung aljabar. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Sultan Agung Semarang dengan subjek penelitian adalah guru matematika dan 30 siswa kelas VII A5. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil dari penelitian menunjukkan proses pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis diawali identifikasi keragaman dengan asesmen awal berupa kesiapan belajar, dan gaya belajar siswa, guru membagi kelompok siswa berdasarkan asesmen. Diferensiasi konten berupa media pembelajaran yang bervariasi, dan memberikan lembar kerja yang berbeda tingkatan soalnya. Lembar kerja berbeda yang diberikan memfasilitasi langkah focus, reason, inference, situation, clarity dan overview dengan baik pada setiap soal dan perlakuan guru. Diferensiasi proses dilaksanakan dengan guru memberikan perlakuan yang berbeda sesuai dengan kondisi siswa atau tingkatan keragaman siswa saat mengerjakan lembar kerja. Diferensiasi produk berdasarkan asesmen gaya belajar siswa berupa tugas produk berdasarkan gaya belajarnya seperti audio-visual atau kinestetik berupa poster dan mind mapping. Peningkatan kemampuan berpikir kritis terbukti dari nilai lembar kerja pertemuan pertama, kedua, ketiga, dan tes kemampuan berpikir kritis. Interval nilai 81-100 dengan kategori sangat tinggi meningkat sampai 100%. Indikator kemampuan berpikir kritis juga dipenuhi oleh rata-rata 90% siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemampuan Berpikir Kritis, Operasi Hitung Aljabar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 05 Aug 2024 07:07
Last Modified: 05 Aug 2024 07:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35237

Actions (login required)

View Item View Item