LITERASI MATEMATIKA SISWA PADA PENYELESAIAN SOAL PISA KONTEN QUANTITY DITINJAU DARI SELF-EFFICACY

Fitria, Maulida (2024) LITERASI MATEMATIKA SISWA PADA PENYELESAIAN SOAL PISA KONTEN QUANTITY DITINJAU DARI SELF-EFFICACY. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000020_fullpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000020_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)

Abstract

Literasi matematika adalah kemampuan seseorang untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Soal PISA quantity adalah soal PISA yang berhubungan dengan bilangan, pola bilangan, dan operasi bilangan. Literasi matematika akan baik jika mereka memiliki salah satu kemampuan afektif yaitu self-efficacy. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan literasi matematika siswa pada penyelesaian soal pisa konten quantity ditinjau dari self-efficacy. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data melalui angket self-efficacy, tes literasi matematika, dan wawancara. Subjek penelitian dilakukan secara purposive sampling terdiri dari 6 siswa kelas X E1 dengan kualifikasi masing-masing 2 dari siswa self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy siswa berpengaruh terhadap literasi matematika. Siswa dengan self-efficacy tinggi dapat memenuhi 3 indikator yaitu siswa mampu merumuskan situasi nyata masalah secara matematis, Menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran matematis, dan Menafsirkan, menerapkan, dan mengevaluasi hasil matematika. Siswa dengan self-efficacy sedang dapat memenuhi 2 indikator dari 3 indikator siswa mampu merumuskan situasi nyata masalah secara matematis, Menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran matematis. Siswa dengan self-efficacy rendah hanya dapat mengidentifikasi fakta-fakta yang diketahui dan ditanyakan. Kata Kunci: Literasi Matematika, Soal PISA Quantity, Self-efficacy

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:33
Last Modified: 07 Aug 2024 04:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35234

Actions (login required)

View Item View Item