Maknun, Lukluul (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII B MTs NEGERI 1 GROBOGAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Matematika_34202000003_fullpdf.pdf Download (8MB) |
|
Text
Pendidikan Matematika_34202000003_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran etnomatematika berbantuan augmented reality terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Tingkat kevalidan ditinjau oleh ahli media dan ahli materi. Tingkat kepraktisan ditinjau dari hasil respon guru matematika dan siswa kelas VIII B MTs Negeri 1 Grobogan. Sedangkan, untuk tingkat keefektifan ditinjau dari hasil ketuntasan KKM dan adanya pengaruh hasil belajar siswa. Pengembangan tersebut juga dilakukan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran etnomatematika berbantuan augmented reality dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (research & development) dengan metode ADDIE (analyze, design, development, implemenation, and evaluation). media pembelajaran etnomatematika berbantuan augmented reality terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, dikembangkan melalui aplikasi Assemblr. Media augmented reality tersebut berisi materi bangun ruang sisi datar yang telah terintegrasi dengan etnomatematika bangunan Lawang Sewu Semarang. Setelah dihasilkan produk, maka akan dilakukan uji validasi, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data penelitian meliputi lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, angket respon guru, angket respon siswa, soal pre test dan soal post test. Pada penelitian ini, media pembelajaran etnomatematika berbantuan augmented reality terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil uji kevalidan dari ahli media diperoleh nilai kevalidan 91,66% dan dari ahli materi diperoleh nilai kevalidan 86,66%. Hasil uji kepraktisan dari angket respon guru diperoleh nilai kepraktisan 100% dan dari angket respon siswa diperoleh nilai 90,58%. Dan hasil uji keefektifan berdasarkan hasil one sample T test, paired sample T test dan uji N-Gain produk media pembelajaran etnomatematika berbantuan augmented reality terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bangun ruang sisi datar memiliki efektivitas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan kategori peningkatan sebesar 0,5224 atau termasuk ke dalam peningkatan kategori “Sedang”. Kata Kunci : Augmented Reality, Etnomatematika, Lawang Sewu, Berpikir Kreatif, Bangun Ruang Sisi Datar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 04:28 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 04:28 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35229 |
Actions (login required)
View Item |