STRATEGI KOMUNIKASI BIDANG PENCEGAHAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (P2M) BADAN NARKOTIKA NASIONAL KOTA TEGAL DALAM PROGRAM KELURAHAN BERSIH NARKOBA (BERSINAR)

ATIQOH, NUR (2024) STRATEGI KOMUNIKASI BIDANG PENCEGAHAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (P2M) BADAN NARKOTIKA NASIONAL KOTA TEGAL DALAM PROGRAM KELURAHAN BERSIH NARKOBA (BERSINAR). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000133_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000133_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)

Abstract

Indonesia berada dalam kondisi darurat narkoba dengan tingkat penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang tinggi. Kota Tegal merupakan salah satu daerah yang mengalami peningkatan kasus narkoba setiap tahunnya. Oleh karena itu, BNN Kota Tegal melaksanakan program Kelurahan Bersinar di wilayah kelurahan-kelurahan yang ada di Kota Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh bidang P2M BNN Kota Tegal dalam pelaksanaan program Kelurahan Bersinar di Kota Tegal. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori S-O-R (Stimulus-Organism-Response) dan perencanaan komunikasi. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu anggota bidang P2M BNN Kota Tegal. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh bidang P2M BNN Kota Tegal yaitu dengan 10 tahapan perencanaan komunikasi. Tahapan dimulai dengan pencarian data-data terkait kebutuhan program, menentukan tujuan yang ingin dicapai, menentukan startegi, menentukan segmentasi khalayak, memilih media, menyusun pesan, melakukan perencanaan manajemen, melakukan pelatihan, implementasi program, dan yang terakhir yaitu evaluasi. Dalam pelaksanaanya, program Kelurahan Bersinar ini menurut bidang P2M cukup efektif untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap bahaya narkoba. Hal ini ditunjukan dengan tetap berjalannya aktivitas-aktivitas P4GN di beberapa lingkungan kelurahan meski program telah selesai dilaksanakan. Selain itu, tingkat kerawanan kelurahan-kelurahan yang sebelumnya merupakan zona merah narkoba atau bahaya, setelah diadakannya program berubah menjadi zona aman. Meskipun demikian masih diperlukan pengembangan dan perbaikan terhadap strategi yang dilakukan karena angka kasus narkoba di Kota Tegal setiap tahunnya masih mengalami kenaikan. Kata kunci: Strategi Komunikasi, Kelurahan Bersinar Teori S-O-R (Stimulus-Organism-Response), Narkoba

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:26
Last Modified: 05 Aug 2024 04:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35225

Actions (login required)

View Item View Item