ZAHROTUSSHOFA, RAGIL (2024) STRATEGI KONTEN KOMUNIKASI PEMASARAN PT BENCUAN JAYA INDONESIA MELALUI AKUN TIKTOK @BENCUAN.ID. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Ilmu Komunikasi_32802000092_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000092_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
Abstract
Tiktok merupakan salah satu platform media sosial yang sering digunakan sebagai saluran media komunikasi. TikTok juga telah menjadi platform yang signifikan dalam pemasaran digital, menawarkan ruang yang luas bagi merek maupun perusahaan untuk berinteraksi dengan audiensnya melalui konten kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengetahui bagaimana PT Bencuan Jaya Indonesia dalam mengelola strategi konten pada akun TikTok @bencuan.id sebagai media promosi jasa kepada konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma konstruktifis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori perencanaan Charles Berger yang mencoba menutup celah antara hubungan perencanaan kognitif dengan perilaku komunikasi yang tidak dianggap sebagai sebuah tindakan. Dalam konteks penelitian ini, PT Bencuan Jaya Indonesia dapat menggunakan teori perencanaan Berger untuk merancang konten komunikasi pemasaran yang efektif di platform TikTok. Dengan memahami proses yang dilalui individu dalam merencanakan perilaku komunikasi, perusahaan dapat mengidentifikasi kebutuhan, preferensi, dan harapan audiens mereka dengan lebih baik. Selain itu, teori ini memungkinkan perusahaan untuk merancang pesan-pesan yang sesuai dengan tujuan komunikasi mereka, baik itu untuk meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan keterlibatan pengguna, atau mendorong tindakan tertentu seperti pembelian produk. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi konten komunikasi pemasaran pada akun TikTok @bencuan.id belum dikelola secara optimal, namun PT Bencuan Jaya Indonesia terus berupaya meningkatkannya. Strategi konten ini fokus pada penyusunan konten yang relevan dan interaksi dengan audiens, dengan memperhatikan teori perencanaan komunikasi Charles Berger. Meskipun demikian, pengelolaan konten masih belum kompleks, dan motivasi perusahaan untuk pengembangan akun TikTok @bencuan.id belum maksimal. Pada penelitian kali ini masih memiliki keterbatasan waktu, tenaga, dan kemampuan peneliti dan hanya melakukan pengkajian terhadap strategi konten komunikasi pemasaran melalui akun TikTok sehingga perlu dikembangkan penelitian lebih lanjut untuk meneliti efektivitas dari strategi tersebut. Kata Kunci : Konten, TikTok, Perencanaan, Komunikasi Pemasaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 02:21 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 02:21 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35220 |
Actions (login required)
View Item |