Firdaus, Laila Khoirunnisa (2023) KEPUASAN MASYARAKAT KOTA SEMARANG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PROGRAM E-GOVERNMENT “SAPA MBAK ITA”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Ilmu Komunikasi_32802000059_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000059_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
Abstract
Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi mempengaruhi kinerja pelayana pemerintah. Dimana muncul berbagai kanal yang memudahkan masyarakat untuk terhubung dengan pemerintah, salah satunya SAPA MBAK ITA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan masyarakat kota semarang terhadap program e-government “SAPA MBAK ITA”. SAPA MBAK ITA merupakan aplikasi/kanal yang menghubungkan warga Kota Semarang dengan Walikota Semarang yang dikelola oleh Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan studi pustaka, sedangkan teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kepuasan dimana teori ini berfokus untuk melihat sejauh mana seorang individu merasakan kepuasan terhadap suatu pengalaman mengenai produk atau layanan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pemerintah menggagas adanya program SAPA MBAK ITA sebagai bentuk mewujudkan ideologi demokrasi dimana rakyat memiliki hak dalam pemerintahan, SAPA MBAK ITA mewujudkan partisipasi masyarakat Kota Semarang dalam mewujudkkan Kota Semarang yang maju. Masyarakat juga cukup puas dengan kehadiran SAPA MBAK ITA, karena setelah melakukan analisis menggunakan tujuh indikator teori kepuasan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa empat dari tujuh indikator tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Kota Semarang puas dengan kualitas pelayanan dari SAPA MBAK ITA. Sedangkan tiga indikator diantaranya masih banyak mendapatkan komentar negatif dari masyarakat Kota Semarang, sehingga perlu diadakan evaluasi lebih lanjut terkait hal-hal yang seringkali dikeluhkan masyarakat. Kata Kunci : Kepuasan Masyarakat, Kualitas Pelayanan, SAPA MBAK ITA, E-Government
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 06:09 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 06:09 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35216 |
Actions (login required)
View Item |