Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Feminisme pada Iklan Maybelline x Dylan Mulvaney dalam platform Media Sosial TikTok

Nurmalasari, Gianita Evika (2024) Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Feminisme pada Iklan Maybelline x Dylan Mulvaney dalam platform Media Sosial TikTok. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000045_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000045_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)

Abstract

Media Sosial Tiktok merupakan sebuah platform digital yang saat ini sering dikunjungi oleh berbagai khalayak dan memiliki peluang besar dalam melakukan sebuah promosi iklan, salah satunya iklan kosmetik Maybelline x Dylan Mulvaney dimana Maybelline bekerjasama dengan seorang transgender Dylan Mulvaney. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana resepsi khalayak terhadap feminisme pada iklan Maybelline x Dylan Mulvaney yang berada di sosial media TikTok dengan menggunakan kerangka teori resepsi khalayak Stuart Hall dan Teori Feminisme. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivis dengan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara mendalam dengan lima informan dari mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung yang pernah menonton iklan maybelline x Dylan Mulvaney. Analisis data yang digunakan adalah dengan cara reduksi yaitu dengan memilih pokok informasi yang relevan serta dengan cara penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Maybelline x Dylan Mulvaney memiliki unsur feminisme dengan empat indikator yakni pada kepengaruhan moralitas, budaya, pendidikan dan karir. Munculnya feminisme tersebut karena adanya ketidaksetaraan dalam menghargai dan menghormati hak dan peran wanita. Teori Resepsi Khalayak menempatkan tiga informan pada kategori Dominant Hegemonic Position (Posisi Dominan Hegemoni) dan dua informan berada pada kategori Oppositional Position (Posisi Opposisi). Kata Kunci : Feminisme, Resepsi Khalayak, TikTok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:20
Last Modified: 05 Aug 2024 04:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35210

Actions (login required)

View Item View Item