POLA KOMUNIKASI MAHASISWA DENGAN DOSEN PADA PERKULIAHAN HYBRID PASCA PANDEMI DI PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITSA ISLAM SULTAN AGUNG

Pertiwi, Endah Salni (2024) POLA KOMUNIKASI MAHASISWA DENGAN DOSEN PADA PERKULIAHAN HYBRID PASCA PANDEMI DI PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITSA ISLAM SULTAN AGUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000038_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000038_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengubah pola komunikasi dalam dunia perkuliahan dari tatap muka menjadi daring. Pembelajaran daring membatasi interaksi dan kolaborasi antar mahasiswa. Hal ini dapat menghambat mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan kerja sama dan memecahkan masalah. Penelitian ini ditujukan guna mengetahui proses, pola, dan jenis komunikasi yang terjadi antara dosen dengan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam Sultan Agung Semarang pada masa perkuliahan hybrid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian yang digunakan ialah komunikasi kelompok yang terjadi antara dosen dan mahasiswa yang terjadi selama proses peralihan perkuliahan daring ke perkuliahan hybrid. Sedangkan subjek penelitian dilakukan pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNISSULA angkatan 2020-2021 yang sudah mengalami perkuliahan online dan perkuliahan hybrid. Data dikumpulkan melalui kegiatan wawancara dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian kualitatif mencakup transkip hasil wawancara, reduksi data, analisis, interpretasi data dan triangulasi. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil yakni terdapat lima informan yang berpartisipasi dalam penelitian. Perubahan metode pembelajaran di masa perkuliahan ini banyak mendapat respon positif dari mahasiswa, namun proses penyampaian materi dan pemberian contoh di dalam kelas pada perkuliahan daring memiliki beberapa hambatan. Pada proses perkuliahan daring informasi sebagian besar disampaikan secara tulisan ataupun Zoom atau Google meet yang dilakukan jarak jauh yang membuat minimnya terjadi interaksi antara mahasiswa dan dosen. Kedekekatan antara mahasiswa dengan dosen pada masa perkuliahan daring itu sangat minim. Proses penyampaian intstruksi dan tugas pada masa perkuliahan hybrid sangat buruk dan sering terjadi miss komunikasi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa perkuliahan hybrid memberikan solusi dan inovasi terhadap perubahan pola komunikasi yang sebelumnya terkesan pasif serta jenis komunikasi yang digunakan dosen dan mahasiswa menggunakan komunikasi verbal, nonverbal, dan tertulis untuk berkomunikasi. Kata Kunci: komunikasi mahasiswa dengan dosen, perkuliahan hybrid, pandemi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:51
Last Modified: 06 Aug 2024 02:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35207

Actions (login required)

View Item View Item