REPRESENTASI NILAI MORAL DAN SOSIAL PADA IKLAN KOPI KAPAL API VERSI “JINGLE BANGKIT BERSAMA” (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE)

APRILIANTO, EDWIN (2024) REPRESENTASI NILAI MORAL DAN SOSIAL PADA IKLAN KOPI KAPAL API VERSI “JINGLE BANGKIT BERSAMA” (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000035_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000035_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)

Abstract

Mayoritas iklan kopi di indonesia cenderung berfokus pada keunggulan produk serta gaya hidup anak muda. Salah satu iklan kopi yang memiliki keunikan tersendiri adalah kopi kapal api karena merepresentasikan nilai tertentu untuk menarik perhatian dan menyentuh perasaan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi nilai moral dan sosial yang ada dalam iklan kapal api versi “Jingle Bangkit Bersama” di televisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat intepretatif untuk menjelaskan makna nilai moral dan sosial di balik iklan tersebut. Penelitian ini dianalisis menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce yang menggunakan triangle meaning semiotics dan turunannya yakni sign, object dan interpretant. Hasil Penelitian ini menunjukkan iklan kopi kapal api menggunakan representasi tokoh-tokoh dari berbagai kegiatan untuk menunjukkan nilai moral dan sosial, seperti semangat dan kebersamaan. Sign dalam iklan ini adalah penggambaran tokoh-tokoh yang bersemangat dan beragam kegiatan mereka yang mencerminkan fenomena sosial. Ini menunjukkan bahwa kapal api tidak hanya ingin diingat sebagai produk, tetapi juga sebagai sumber motivasi bagi penonton untuk mewujudkan impian mereka. Object yang ditampilkan adalah kegiatan tokoh-tokoh yang bermanfaat bagi masyarakat, seperti berbagi, mendidik, membantu, dan sukarela memperbaiki fasilitas umum. Interpretant diperkuat melalui suara narator yang tegas dan musik yang menggebu-gebu, yang menciptakan stereotip bahwa semangat diidentikkan dengan sikap yang sigap dan penuh energi. Kesimpulannya iklan ini mengkomunikasikan nilai-nilai positif melalui simbol-simbol visual, narasi, dan musik yang memperkuat pesan semangat dan kejuangan. Kata Kunci : Representasi, Semiotika, Nilai Moral, Nilai Sosial, Kopi Kapal Api

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 05 Aug 2024 06:06
Last Modified: 05 Aug 2024 06:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35182

Actions (login required)

View Item View Item