STRATEGI REBRANDING PADA COFFEE SHOP STETOSKOPI DALAM MENINGKATKAN MINAT BERKUNJUNG

Alamsyah, Altafia NurulFajri (2024) STRATEGI REBRANDING PADA COFFEE SHOP STETOSKOPI DALAM MENINGKATKAN MINAT BERKUNJUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000016_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000016_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya upaya Coffee Shop Stetoskopi dalam mempertahankan dan meningkatkan minat berkunjung agar dapat bersaing di industri coffee shop yang semakin ketat melalui strategi rebranding. Strategi ini bertujuan untuk memperbarui merek agar lebih menarik dan relevan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana strategi rebranding pada coffee shop Stetoskopi dalam meningkatkan minat berkunjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana stretegi rebranding pada coffee shop stetoskopi dalam meningkatkan minat berkunjung. Strategi rebranding ini dirumuskan dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan coffee shop Stetoskopi. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan melakukan pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Dalam menganalisis data digunakan teknik analisis deskriptif data kualitatif oleh Miles dan Huberman. Paradigma yang dipakai adalah paradigma konstruktivis yang melibatkan peneliti dalam interaksi dengan pihak coffee shop Stetoskopi. Teori yang menjadi landasan penelitian ini mencakup teori strategi branding dengan merujuk pada definisi menurut Schultz dan Barnes. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa coffee shop Stetoskopi telah menerapkan strategi rebranding secara optimal dengan melakukan merenovasi bangunan, menambah variasi menu dan redesigning packaging mereka untuk meningkatkan minat kunjungan dan kepuasan konsumen. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah peneliti hanya menetapkan satu informan utama dan dua informan tambahan. Selain itu, keterbatasan lain adalah penggunaan teori strategi branding sebagai satu-satunya kerangka teori untuk membatasi masalah yang diteliti. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya untuk memperluas cakupan teori yang digunakan. Hal ini penting untuk memperoleh pemahaman yang lebih menyeluruh dan mendalam tentang topik yang diteliti. Kata kunci: Strategi Rebranding, Coffee Shop, Minat Berkunjung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 05 Aug 2024 06:05
Last Modified: 05 Aug 2024 06:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35180

Actions (login required)

View Item View Item