MUKTIARSO, AHMAD DIAR (2024) ADOPSI DAN IMPLEMENTASI KECERDASAN BUATAN (ChatGPT & Canva AI) SEBAGAI TOOLS PUBLIC RELATIONS DI HUMAS LLDIKTI WILAYAH VI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Ilmu Komunikasi_32802000008_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000008_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
Abstract
Dalam era digital saat ini, Humas LLDIKTI Wilayah VI menghadapi tantangan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasi mereka di Tengah perkembangan teknologi yang pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adopsi dan implementasi teknologi kecerdasan buatan (AI) khususnya ChatGPT dan Canva AI dalam aktivitas Public Relations di Humas LLDIKTI Wilayah VI, dengan menggunakan kerangka teori TOE (Teknologi, Organisasi, dan Environtment). Paradigma yang digunakan adalah paradigma Konstruksionisme dengan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam dengan beberapa informan kunci yaitu Humas LLDIKTI Wilayah VI, Dimana peneliti memilih informan yang paling tahu mengenai objek penelitiannya. Hasil penelitian, menunjukan bahwa faktor teknis, seperti ketersediaan perangkat keras yang memadai dan akses internet yang stabil, serta dukungan dari manajemen, menjadi pendorong utama adopsi teknologi ini. Organisasi menunjukkan keterbukaan terhadap inovasi dan kesediaan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi terbaru. Namun, penggunaan AI masih memerlukan sentuhan manusia untuk memastikan hasil yang relevan dan berkualitas tinggi. Dan tuntutan ritme kerja yang cepat dan kebutuhan respon yang efisien kepada para pemangku kepentingan menjadi pengaruh bagi lingkungan kerja. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat penerimaan terhadap teknologi kecerdasan buatan seperti ChatGPT dan Canva AI di Humas LLDIKTI Wilayah VI cukup tinggi. Implementasi kecerdasan buatan telah meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasi. Penelitian ini diakui memiliki keterbatasan, termasuk jumlah informan yang terbatas, penggunaan teori TOE saja, serta keterbatasan waktu dan sumber daya peneliti. Rekomendasi meliputi dukungan berkelanjutan dari pimpinan, peningkatan keterampilan staf, dan penelitian lebih lanjut tentang dampak jangka panjang penggunaan AI di bidang humas. Kata Kunci : Adopsi Teknologi, Kecerdasan Buatan, Public Relations
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 07:22 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 07:22 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35178 |
Actions (login required)
View Item |