ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE DALAM KAMPANYE DIGITAL LAGU “DIRI” UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN PENTINGNYA SELF-ESTEEM PADA INDIVIDU DEWASA AWAL

Adhia, Huwaida (2024) ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE DALAM KAMPANYE DIGITAL LAGU “DIRI” UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN PENTINGNYA SELF-ESTEEM PADA INDIVIDU DEWASA AWAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900042_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900042_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)

Abstract

TULUS merupakan penyanyi dan penulis lagu dengan genre musik pop, jazz, dan soul. Salah satu lagu dengan makna yang sangat relevan terhadap kehidupan individu dewasa awal saat ini terdapat pada trek lagu ke delapan album manusia, lagu dengan judul “Diri”.Penelitian ini menggunakan konsep semiotika yang dikenalkan oleh Charles Sander Peirce. Peirce Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif dan studi deskriptif yang terfokus pada Self Esthem, Self – esteem adalah penilaian terhadap diri sendiri.Penelitian ini menggunakan konsep semiotika yang dikenalkan oleh Charles Sander Peirce. Objek pada penelitian ini adalah kampanye digital Lagu “Diri” karya Tulus, dan subjek penelitiannya adalah pendengar lagu “Diri” karya Tulus pada masa dewasa awal yang berkaitan dengan self-esteem pada masing -masing individu.Kampanye digital lagu Diri yang terdapat dalam media sosial Tiktok dan Instagram memberikan kesadaran yang tinggi tentang self-esteem terhadap individu – individu pada masa dewasa awal. Hal ini diketahui dengan kegiatan wawancara yang diakukan oleh penulis dengan para infroman yang terpilih dan sedang dalam masa dewasa awal. Pernyataan informan juga menjelaskan bahwa lagu Diri karya Tulus beserta kontennya pada media sosial Tiktok dan Instagram Reels berhasil meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya self-esteem pada individu dewasa awal seperti pada masa yang sedang dialami oleh para informan tersebut. Kampanye digital lagu “Diri” dalam meningkatkan kesadaran pentingnya self- esteem pada individu dewasa awal yang dianalisis menggunakan model analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Kampanye digital lagu Diri yang terdapat pada media sosial Tiktok dan Instagram Reels rata – rata dihasilkan oleh fans Tulus atau pendengar lagu Tulus yang hendak menyampaikan pesan – pesan yang relevan dengan lagu Diri untuk para pengguna media sosial Tiktok dan Instagram. Kata Kunci : Semiotika, Kampanye Digital, Lagu Diri, Self-Esteem, Individu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:16
Last Modified: 05 Aug 2024 02:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35171

Actions (login required)

View Item View Item