TINJAUAN YURIDIS PERKARA TINDAK PIDANA PENGGELAPAN UANG PERUSAHAAN OLEH STAF PRIBADI PT. SUKUN WARTONO INDONESIA (Studi Kasus Putusan Nomor 73/Pid.B/2023/PN Kds)

Nata, Rajendra Isa Abdi (2024) TINJAUAN YURIDIS PERKARA TINDAK PIDANA PENGGELAPAN UANG PERUSAHAAN OLEH STAF PRIBADI PT. SUKUN WARTONO INDONESIA (Studi Kasus Putusan Nomor 73/Pid.B/2023/PN Kds). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000265_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000265_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang tinjauan yuridis tindak pidana penggelapan oleh staf pribadi PT.SUKUN WARTONO INDONESIA ( studi kasus putusan nomor 73/Pid,B/2023/Pn Kds). Penggelapan dalam jabatan adalah penggelapan yang dilakukan oleh orang yang penguasannya terhadap barang disebabkan karena ada hubungan kerja atau karena pencaharian atau karena mendapat upah untuk itu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian hukum normatif penelitian hukum kepustakaan yang dilakukan dengan cara meneliti bahan-bahan pustaka atau data sekunder belaka. metode penelitian hukum normatif adalah penelitian hukum kepustakaan yang dilakukan dengan cara meneliti bahanbahan kepustakaan atau data sekunder belaka. Penelitian ini dilakukan guna untuk mendapat bahan-bahan, konsep-konsep asas-asas, hukum serta peraturan hukum yang berhubungan dengan pokok bahasan, dalam penelitian ini, ruang lingkup penelitian akan dilakukan penelitian dengan cara menarik asas hukum dilakukan terhadap hukum positif tertulis maupun tidak tertulis. Hasil penelitian Bahwa terdakwa Mila Fajarwati Binti Sayudi pada hari dan tanggal yang tidak diingat secara pasti hari dan tanggal yakni sekitar Bulan Agustus 2022 sampai Bulan Januari 2023, atau setidak-tidaknya pada suatu waktu lain pada tahun 2022 dan tahun 2023, melakukan tindak pidana dengan sengaja dan melawan hukum memiliki barang sesuatu yang seluruhnya atau Sebagian, yang menyebabkan kerugian pada PT. Sukun Wartono Indonesia sebesar Rp. 2.348.563.500,- (dua milyar tiga ratus empat puluh delapan juta lima ratus enam puluh tiga ribu lima ratus rupiah) atas perbuatan terdakwa berdasarkan pertimbangan,majelis hakim Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Terdakwa Mila Fajarwati Binti Sayudi oleh karena itu dengan pidana penjara selama 4 (empat) Tahun dan 6 (enam) Bulan. Kata kunci : Tinjauan Yuridis, Tindak Pidana, Penggelapan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:58
Last Modified: 05 Aug 2024 03:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35168

Actions (login required)

View Item View Item