PENERAPAN UNDANG-UNDANG LALU LINTAS NOMOR 22 TAHUN 2009 TERHADAP SANKSI TABRAK LARI (STUDI KASUS SATLANTAS POLRES JEPARA)

Wicaksana, Pramudya Adi (2024) PENERAPAN UNDANG-UNDANG LALU LINTAS NOMOR 22 TAHUN 2009 TERHADAP SANKSI TABRAK LARI (STUDI KASUS SATLANTAS POLRES JEPARA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000255_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000255_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tingkat kecelakaan lalu lintas di Indonesia terus bertambah dengan seiringnya waktu, dalam hal ini diperlukan peraturan yang dibuat oleh pemerintah dan Polri untuk masyarakat yang dapat bertujuan mencegah dan mengurangi kecelakaan dalam berkendara di lalu lintas, terdapat banyak kasus kecelakaan yang salah satunya adalah tabrak lari, Tabrak lari menjadi salah satu contoh tindak pidana lalu lintas yang sering terjadi di Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, orang tua, dan pihak instansi pemerintah terkait dampak tabrak lari, mengetahui formulasi hukum pidana untuk tabrak lari, dan sanksi yang dikenakan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normativ dan yuridis sosiologis, menerapkan analisis deskriptif, Menggunakan data primer dan data sekunder, serta mnggunakan metode pengumpulan data dengan terdapat studi kepustakaan, lokasi penelitian dan analisis data yang menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Penerapan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di jepara dengan melakukan sosialisasi oleh Polri dan Pemerintah dengan cara preventif dan represif hal ini bertujuan agar terciptanya keamanan dan ketertiban serta keselamatan dalam berlalu lintas. Pelaku tindak pidana pelanggaran lalu lintas dikenakan Sanksi pidana yang berat diharapkan pelaku dapat takut atau jera. Kata kunci : tabrak lari, tindak pidana, sanksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:38
Last Modified: 06 Aug 2024 02:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35163

Actions (login required)

View Item View Item