KETERBUKAAN DIRI REMAJA BROKEN HOME TERHADAP INTERAKSI KOMUNIKASI DENGAN TEMAN SEBAYA (PEER GROUP) (Studi Fenomenologi di Kecamatan Ungaran Timur)

Yusufi, Dhia Erwinda (2024) KETERBUKAAN DIRI REMAJA BROKEN HOME TERHADAP INTERAKSI KOMUNIKASI DENGAN TEMAN SEBAYA (PEER GROUP) (Studi Fenomenologi di Kecamatan Ungaran Timur). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800032_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800032_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Setiap keluarga tentunya mendambakan menjadi sebuah keluarga yang Bahagia dan harmonis, namun tidak menutup kemungkinan jika di dalam keluarga akan terjadi sebuah perselisihan atau pertengkaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan studi fenomelogi menggunakan teori peer grup. Teknik analisis data yang digunakan yakni wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan Dari hasil penelitian tentang peer group, dapat disimpulkan bahwa interaksi antara remaja dalam kelompok sebaya memiliki pengaruh yang signifikan dalam membentuk identitas dan perilaku mereka. Peer group, yang meliputi berbagai jenis seperti chums, cliques, dan crowds, memberikan lingkungan di mana remaja dapat merasakan keterhubungan, dukungan, dan kepercayaan dari teman-teman sebaya mereka. Namun, tingkat kedekatan dan keterbukaan diri dalam setiap jenis kelompok dapat berbeda, dengan chums cenderung menawarkan kedekatan yang tinggi sementara crowds memiliki tingkat keterbukaan diri yang lebih rendah. Selain itu, perceraian orang tua dapat memberikan dampak yang signifikan pada remaja, termasuk masalah emosional, sosial, akademik, dan perilaku, yang juga dapat memengaruhi interaksi mereka dalam peer group. Oleh karena itu, pemahaman tentang dinamika peer group dan bagaimana mereka memediasi pengalaman remaja dalam menghadapi peristiwa hidup seperti perceraian orang tua dapat memberikan wawasan yang berharga dalam mendukung perkembangan yang sehat dan positif bagi remaja. Kata Kunci: Keluarga, Interaksi, Peer Group

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:39
Last Modified: 02 Aug 2024 02:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35159

Actions (login required)

View Item View Item