PENGARUH EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN ELEKTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA STORE HAUS! PURI ANJASMORO SEMARANG)

Rafsanjani, Dafa Alfaris (2024) PENGARUH EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN ELEKTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA STORE HAUS! PURI ANJASMORO SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800027_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800027_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)

Abstract

Tujuan penelitian merupakan arah proses penelitian untuk menemukan dan mengembangkan suatu bentuk pengetahuan yang mendalam atas suatu permasalahan. Sesuai dengan rumusan masalah dalam penelitian ini, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efektivitas komunikasi pemasaran online media sosial Instagram dan Electronic Word of Mouth terhadap keputusan pembelian (Studi pada Store Haus! Puri Anjasmoro Semarang). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah transaksi pada tahun 2023. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan teknik sampling dengan rumus slovin 10% dimana sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan serta dilanjutkan dengan kegiatan analisis dengan menggunakan AISAS model, peneliti menemukan hasil bahwa terdapat proses AISAS model yang terjadi pada pengaruh konten media sosial instagram terhadap minat beli dan kepuasan konsumen yang menarik perhatian (attention) konsumen. Kemudian hal yang paling menjadi daya tarik (interest) utama adalah Store Haus! Puri Anjasmoro Semarang merupakan gerai minuman dengan konsep modern dan merupakan kompetitor dari Mixue dengan varian – varian menu yang patut diberikan apresiasi tinggi. Hasil olahdata perhitungan menggunakan aplikasi SPSS variabel Pengaruh Efektivitas Komunikasi Pemasaran Online Media Sosial Instagram (X1) dan Elektronik Word of Mouth (X2) Terhadap Keputusan Pembelian (Y) (Studi pada Store Haus! Puri Anjasmoro Semarang) diperoleh hasil nilai f Hitung sebesar 8.306 dengan tingkat signifikansinya 0.005 < 0.05 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari variabel efektivitas komunikasi pemasaran online media sosial Instagram (X1) terhadap keputusan pembelian (Y). Pada Uji Signifikansi variabel efektivitas komunikasi pemasaran online media sosial Instagram (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) nilai t hitung sebesar 2.882 dimana t hitung (2.881) > t tabel (1.661) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel efektivitas komunikasi pemasaran online media sosial Instagram (X1) mempengaruhi keputusan pembelian (Y). Nilai f Hitung sebesar 48.000 dengan tingkat signifikansinya 0.000 < 0.05 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari variabel elektronic word of mouth (X2) terhadap keputusan pembelian (Y). Pada Uji Signifikansi variabel elektronic word of mouth (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) nilai t hitung sebesar 6.928 dimana 6.928 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1.661, dimana t hitung (6.928) > t tabel (1.661) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel elektronic word of mouth (X2) terhadap keputusan pembelian (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:39
Last Modified: 02 Aug 2024 02:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35158

Actions (login required)

View Item View Item