PENGARUH FANATISME K-POP IDOL GROUP BLACKPINK TERHADAP PERILAKU IMITASI DAN PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA PENGGEMAR BLACKPINK (BLINK) DI KOTA SEMARANG

Fasya, Nadhia Qonita (2023) PENGARUH FANATISME K-POP IDOL GROUP BLACKPINK TERHADAP PERILAKU IMITASI DAN PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA PENGGEMAR BLACKPINK (BLINK) DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801700025_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801700025_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)

Abstract

Pecinta K-Pop memiliki komunitas yang sebagai sebuah tempat untuk berinteraksi antar anggota dan sesama fans untuk mendukung grup K-Pop. Untuk sarana komunikasinya pun melalui media sosial seperti instagram, twitter, facebook. Namun dengan adanya pandemi mereka sering berinterksinya secara online dan menonton hanya lewat youtube. Komunitas ini terbentuk karena adanya dorongan, penasaran dan memiliki rasa keingintahuan. Perilaku atau hobi, serta keinginan yang sama inilah yang membuat para penggemar berkumpul ke dalam sebuah komunitas. Penelitian ini menggunakan teori belajar sosial dan theory Uses And Effect, untuk mengetahui beberapa perilaku manusia melalui beberapa proses tahapan belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian yang eksplanatif yang bersifat asosiatif. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik pusposive sampling rumus untuk penentuan sampel. Pada pengujian pertama didapatkan nilai t hitung sebesar 9.506 dan r tabel sebesar 1,660. Jika fanatisme semakin naik, maka perilaku imitasi akan semakin kuat. Kemudian pengujian hipotesis kedua didapatkan nilai t hitung sebesar 10.763 dan r tabel sebesar 1,660. Sehingga jika fanatisme naik maka perilaku konsumtif akan semakin kuat. Sehingga kesimpulan pada penelitian ini terdapat pengaruh positif antara variabel fanatisme terhadap perilaku imitasi dan variabel fanatisme terhadap variabel perilaku konsumtif. Kata kunci : Fanatisme, Perilaku Imitasi, Perilaku Konsumtif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:12
Last Modified: 05 Aug 2024 02:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35153

Actions (login required)

View Item View Item