PROSES PELAKSANAAN KONVERSI TANAH LETTER C MENJADI SERTIFIKAT HAK MILIK DI KABUPATEN PATI (Studi Kasus di Desa Sidoarum Kabupaten Pati dan Kantor Pertanahan Kabupaten Pati)

Pradana, Rico Andi (2023) PROSES PELAKSANAAN KONVERSI TANAH LETTER C MENJADI SERTIFIKAT HAK MILIK DI KABUPATEN PATI (Studi Kasus di Desa Sidoarum Kabupaten Pati dan Kantor Pertanahan Kabupaten Pati). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301800325_fullpdf.pdf

Download (898kB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301800325_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kesadaran masyarakat masih rendah dalam hal pendaftaran hak milik atas tanah. Masih banyak masyarakat yang hanya memiliki bukti kepemilikan tanah berupa Letter C. Dengan petikan Letter C tersebut, masyarakat dapat menggunakannya sebagai bukti untuk melakukan konversi hak milik atas tanah adat guna mendapatkan sertipikat sebagai tanda bukti hak atas tanah yang kuat, penulisan ini mempunyai tujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan konversi tanah letter c menjadi sertifikat hak milik di Kabupaten Pati dan untuk mengetahui hambatan dan solusi dalam proses pelaksanaan konversi tanah letter c menjadi sertifikat hak milik di Kabupaten Pati Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. yaitu suatu penelitian dimana penelitian tersebut menekankan pada ilmu hukum serta penelitian lapangan, tetapi disamping itu juga mengaitkan kaidah-kaidah hukum yang berlaku di dalam masyarakat. Spesifikasi penelitian hukum yang akan digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh gambaran (deskripsi), lengkap tentang keadaan hukum yang berlaku di tempat tertentu. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan yaitu proses pelaksanaan konversi tanah letter c menjadi sertifikat hak milik di Kabupaten Pati yaitu dengan melalui beberapa tahap antara lain masyarakat melakukan Permohonan Pendaftaran dan Pengukuran, Pengumpulan dan Penelitian Data Yuridis Bidang Tanah, Pengumuman Data Fisik dan Data Yuridis dan Pengesahannya, Penegasan Konversi dan Pengakuan Hak, Pembukuan Hak, Penerbitan Sertipikat, Penyajian Data Fisik dan Yuridis serta Penyimpanan Daftar Umum dan Dokumen Hambatan dalam proses pelaksanaan konversi tanah letter c menjadi sertifikat hak milik di Kabupaten Pati yaitu terbatasnya pencatatan Buku Letter C, masih adanya tanah milik adat yang tidak disertakan dengan Buku Letter C, Banyaknya mutasi-mutasi girik yang dikeluarkan oleh Kantor Pajak tetapi tidak pernah dilaporkan ke Kepala Desa, masyarakat tidak dapat menunjukkan asal-usul perolehannya ketika ingin mengajukan perolehan hak, dikarenakan pemekaran/ pemecahan wilayah sehingga membuat berkas Letter C terpecah di desa lama atau yang baru serta masih minimnya pengetahuan masyarakat tentang arti bukti kepemilikan tanah. Upaya dalam menyelesaikan hambatan dalam proses pelaksanaan konversi tanah letter c menjadi sertifikat hak milik di Kabupaten Pati adalah Pemerintah beserta Kantor Pertanahan mengadakan pendaftaran tanah secara sistematik yang mana kegiatan ini akan meringankan masyarakat yang tidak sanggup dalam membiayai pensertipikatan tanahnya. Dalam membangun kesadaran yang tinggi didalam masyarakat pemerintah dan kantor pertanahan pada khususnya juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat desa. Selain itu pemerintah berkomitmen untuk mengeluarkan kebijakan yang membuat birokrasi di kantorkantor pemerintahan tidak lagi rumit. Kata Kunci : Hak Milik, Konversi, Letter C

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:38
Last Modified: 02 Aug 2024 03:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35121

Actions (login required)

View Item View Item