KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KOMITMEN PROFESIONAL, DAN EMOTIONAL STABILITY TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI PEMEDIASI.

ISMINARTI, SRI (2024) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KOMITMEN PROFESIONAL, DAN EMOTIONAL STABILITY TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI PEMEDIASI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402300073_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402300073_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara kepemimpinan transformasional, komitmen profesional, stabilitas emosional, kepuasan kerja, dan kinerja sumber daya manusia (SDM) di Puskesmas Kutukan, Kabupaten Blora. Populasi yang diteliti adalah seluruh pegawai PNS di Puskesmas Kutukan, Kabupaten Blora, yang berjumlah 46 SDM. Teknik sampling yang digunakan adalah sensus. Data dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner tertutup dengan skala penilaian dari 1 hingga 5, yang mencakup rentang dari "Sangat Tidak Setuju" hingga "Sangat Setuju". Analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif antara kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja SDM, di mana Inspirational Motivation memainkan peran krusial dalam memotivasi karyawan. Selain itu, komitmen profesional juga terbukti berkaitan positif dengan kepuasan kerja, dengan keterlibatan menjadi indikator utama yang menonjol. Sementara itu, stabilitas emosional juga berhubungan positif dengan kepuasan kerja, dengan objektivitas menjadi indikator utama yang terkait. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa organisasi perlu memperhatikan pentingnya memotivasi karyawan, membangun hubungan positif antara atasan dan bawahan, serta meningkatkan keterlibatan dan kesetiaan profesional. Manajer juga disarankan untuk memperhatikan stabilitas emosional karyawan dan menciptakan lingkungan kerja yang mendukung. Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi faktor-faktor ini dalam konteks budaya yang berbeda atau dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam. Kata Kunci : kepemimpinan transformasional; komitmen professional; stabilitas emosional; kepuasan kerja; kinerja sumber daya manusia (SDM)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:23
Last Modified: 02 Aug 2024 03:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35097

Actions (login required)

View Item View Item