PENINGKATAN KINERJA SDM MELALUI KOMPETENSI PROFESIONAL DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT DENGAN PENGARUH EFEK KOORDINASI LINTAS FUNGSI

KUSUMA, OKTAVIANA ANGGA (2024) PENINGKATAN KINERJA SDM MELALUI KOMPETENSI PROFESIONAL DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT DENGAN PENGARUH EFEK KOORDINASI LINTAS FUNGSI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402300062_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402300062_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode eksplanatori asosiatif untuk mengeksplorasi hubungan antara variabel kinerja SDM, kompetensi profesional, employee engagement, dan koordinasi lintas fungsi di Polres Grobogan. Populasi yang diteliti adalah Personil Kepolisian di Polres Grobogan, dengan teknis pengumpulan data proporsional random sampling dengan jumlah responden 89 personil. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner tertutup dengan interval pernyataan 1–5, mulai dari Sangat Tidak Setuju (STS) hingga Sangat Setuju (SS). Data dianalisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kompetensi profesional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap employee engagement, serta terhadap kinerja SDM. Hal ini menandakan bahwa SDM dengan kompetensi profesional yang tinggi cenderung memiliki keterikatan kerja yang tinggi dan kinerja yang baik. Selain itu, employee engagement juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja SDM, menunjukkan bahwa semakin tinggi keterikatan SDM terhadap pekerjaannya, semakin baik pula kinerjanya. Selanjutnya, temuan juga menunjukkan bahwa pengaruh kompetensi profesional dan employee engagement terhadap kinerja SDM akan semakin kuat jika didukung oleh koordinasi lintas fungsi yang kuat. Sebaliknya, jika koordinasi lintas fungsi lemah, pengaruh keduanya terhadap kinerja SDM akan menjadi lebih rendah. Implikasi manajerial dari temuan ini menekankan pentingnya pengembangan kompetensi profesional, meningkatkan keterikatan kerja, dan memperkuat koordinasi lintas fungsi sebagai strategi untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusia. Kata Kunci : variabel kinerja SDM; kompetensi professional; employee engagement; koordinasi lintas fungsi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:35
Last Modified: 02 Aug 2024 01:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35083

Actions (login required)

View Item View Item