PERAN RESPONSIVENESS DAN TRUST TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI PUSKESMAS TUNJUNGAN KABUPATEN BLORA

Herwati, Maretha (2024) PERAN RESPONSIVENESS DAN TRUST TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI PUSKESMAS TUNJUNGAN KABUPATEN BLORA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402300050_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402300050_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)

Abstract

Resposiveness merupakan salah satu indikator mutu pelayanan kesehatan yang diharapkan dan menjadi kebutuhan dasar setiap orang. Sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan, Puskesmas dituntut memberikan pelayanan yang membangun trust dan menciptakan satisfaction pasien yang diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan termasuk kunjungan pasien persalinan. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh resposiveness, trust, dan satisfaction terhadap loyalitas pelanggan di Puskesmas Tunjungan. Metode penelitian ini akan menggunakan desain cross sectional dengan sampel 142 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan regresi logistik berganda pada software SPSS. Hasil regresi dengan analisis Path menunjukkan besarnya pengaruh langsung responsiveness terhadap loyalty sebesar 0,384 atau 38% dan pengaruh tidak langsungnya melalui mediator satisfaction sebesar 0,166 atau 16,6%. Sedangkan pengaruh langsung trust terhadap loyalty sebesar 0,204 dan pengaruh tidak langsungnya melalui mediator satisfaction sebesar 0,128 atau 12,8%. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh simpulan bahwa pengaruh responsiveness dan trust terhadap loyalitas Pasien mempunyai pengaruh langsung (direct effect) lebih besar dibandingkan pengaruh tidak langsung (Indirect Effect) melalui variabel mediator satisfaction. Kata kunci : responsiveness, trust, satisfaction, loyalitas pelanggan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 01 Aug 2024 02:17
Last Modified: 01 Aug 2024 02:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35055

Actions (login required)

View Item View Item