ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI KURIKULUM MERDEKA DI MA NU MRANGGEN DEMAK

NABIL, ARIQUL IRFAN YUSAN (2024) ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI KURIKULUM MERDEKA DI MA NU MRANGGEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000023_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000023_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kebijakan di bidang pendidikan, khususnya di sektor Pendidikan Profesi Guru sebagai upaya integrasi penerapan Kurikulum Merdeka pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kombinasi dari studi kepustakaan dan studi lapangan, melibatkan anggota kelas XI MIA 2 Madrasah Aliyah Nahdhatul Ulama Mranggen sebagai objek penelitian lapangan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Pendidikan Profesi Guru memberikan implikasi positif bagi guru dalam memahami struktur paradigma pembelajaran baru dan struktur kurikulum merdeka. Kemampuan guru dalam memahami konsep kurikulum yang berlaku merupakan salah satu kompetensi yang dapat membantu guru dalam menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang ideal di kelas. Penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa Pendidikan Profesi Guru merupakan salah satu upaya yang positif untuk mengintegrasikan program peningkatan kompetensi guru dengan implementasi kurikulum merdeka di jenjang pendidikan dasar dan menengah. Peningkatan kompetensi guru yang terjadi setelah guru mengikuti pendidikan profesi guru antara lain: memahami pengelolaan pembelajaran, penguasaan keilmuan, sikap atau kepribadian, interaksi sosial, dan kepemimpinan. Kata Kunci: analisis kebijakan; pendidikan profesi guru; kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:55
Last Modified: 31 Jul 2024 02:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35047

Actions (login required)

View Item View Item