EFEKTIVITAS PROGRAM NGAJI PAGI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM ASSALAM KRADENAN

LUHITO, DAVID (2024) EFEKTIVITAS PROGRAM NGAJI PAGI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM ASSALAM KRADENAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000003_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000003_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi program ngaji pagi,bagaimana tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an peseta didik dan efektivitas Ngaji pagi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SMP Islam Assalam Kradenan.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif penelitian dilakukan pada saat interaksi berlangsung di lapangan. Peneliti mengamati, mencatat, mempertanyakan, menggali sumber-sumber yang berkaitan erat dengan peristiwa yang terjadi pada saat itu. Lokasi penelitian di SMP Islam Assalam Kradenan. Jenis dan sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan Program Ngaji Pagi di SMP Islam Assalam Kradenan telah diimplementasikan dengan baik dan terstruktur. Langkah-langkah perencanaan yang matang telah dilakukan oleh pihak sekolah, termasuk penetapan tujuan pembelajaran yang jelas, penyusunan materi pembelajaran yang relevan, dan perencanaan metode pengajaran yang sesuai. Melalui program Ngaji Pagi, terjadi peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam kelancaran, tartil, kesesuaian pelafalan huruf sesuai makhraj, ketepatan membaca sesuai tajwid, pronunsi, intonasi, konsistensi, dan kesinambungan dalam membaca Al-Qur’an. Peserta didik secara konsisten telah melaporkan adanya peningkatan dalam kefasihan membaca Al-Qur’an, pemahaman tajwid, dan juga pemahaman makna ayat-ayat dibuktikan dengan adanya buku setoran Ngaji pagi. Kata Kunci :Efektivitas,Pembelajaran Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:02
Last Modified: 31 Jul 2024 03:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35039

Actions (login required)

View Item View Item