PENGARUH AKHLAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MADIN AL HIDAYAH TAHUN 2023-2024

Musyadad, Ahmad (2024) PENGARUH AKHLAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MADIN AL HIDAYAH TAHUN 2023-2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501800012_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501800012_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode lapangan. Populasi penelitian ini adalah siswa madrasah kelas 4 dan 5 Madin Al Hidayah Banjardowo Semarang. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS statistic 25 for windows. Hasil dari penelitian ini sesuai dengan akhlak siswa madin Al Hidayah yang sudah terdapat pada siswa berupa akhlak kepada Allah, diri sendiri, keluarga, masyarakat dan alam. telah membuktikan hipotesis yang diajukan terdapat pengaruh akhlak terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan korelasi product moment, dimana rhitung diperoleh sebanyak 0,730 lebih besar dari rtabel sebanyak 0,463 pada taraf signifikansi 0,01 dan N = 30. Sedangkan prestasi belajar siswa, skor prestasi mengikuti akhlak siswa. Apabila akhlak siswa baik skor prestasi tinggi, begitu pula sebaliknya. Jadi dapat dikatakan prestasi belajar memiliki pengaruh yang berbanding dengan akhlak siswa. Kata kunci : Akhlak, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:59
Last Modified: 31 Jul 2024 01:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35037

Actions (login required)

View Item View Item