MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN PROFESIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU BERBASIS PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI Studi Empiris di SD Se-Kecamatan Arut Selatan

ARBIANINGRUM, DYAH CANDRA (2023) MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN PROFESIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU BERBASIS PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI Studi Empiris di SD Se-Kecamatan Arut Selatan. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402200173_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402200173_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan motivasi kerja guru terhadap komitmen profesional dan kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Arut Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Arut Selatan yang berjumlah 1665 guru. Sampel penelitian ini terdiri dari 131 responden yang merupakan Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Arut Selatan. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket tertutup dengan interval pernyataan 1-5, dimulai dari Sangat Tidak Setuju (STS) hingga Sangat Setuju (SS). Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara motivasi kerja terhadap komitmen profesional guru, motivasi kerja terhadap kinerja guru, dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru. Pemanfaatan teknologi informasi tidak memoderasi pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, namun dapat berperan sebagai variabel pemoderasi pada hubungan antara kompetensi profesional terhadap kinerja guru. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya memperhatikan faktor-faktor seperti motivasi kerja, komitmen profesional, dan pemanfaatan teknologi informasi dalam meningkatkan kinerja guru dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif. Upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan harus mempertimbangkan berbagai aspek ini untuk menciptakan kondisi yang mendukung bagi guru dalam menjalankan tugas mereka dengan baik dan memberikan dampak yang positif pada pembelajaran siswa. Kata kunci : motivasi kerja, komitmen professional; pemanfaatan teknologi informasi; kinerja guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:02
Last Modified: 31 Jul 2024 03:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35022

Actions (login required)

View Item View Item