KOLABORASI STRATEGI KEPALA SEKOLAH DAN GURU PAI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH (MA) NU 03 SUNAN KATONG KALIWUNGU KENDAL)

Supriyadi, Supriyadi (2024) KOLABORASI STRATEGI KEPALA SEKOLAH DAN GURU PAI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH (MA) NU 03 SUNAN KATONG KALIWUNGU KENDAL). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200015_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200015_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kolaborasi strategi antara kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pengembangan kurikulum PAI di era milenial di Madrasah Aliyah NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Dalam era milenial, pengembangan kurikulum PAI dihadapkan pada tantangan dan peluang baru yang memerlukan pendekatan inovatif dan kolaboratif antara kepala sekolah dan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru PAI dan waka kurikulum, observasi kegiatan pengembangan kurikulum, serta analisis dokumentasi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Gambaran umum mengenai pengembangan kurikulum yang terdapat pada MA NU 03 Sunan katong Kaliwungu Kendal bercorak kreatif evaluatif. Hal itu ditandai dengan adanya penerapan Kurikulum merdeka belajar yang diterapkan pada kelas 10 dan kurikulum K-13 yang diterapkan pada kelas 11-12. Kedua, kolaborasi yang dilakukan melibatkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran, integrasi nilai-nilai Islami dengan keterampilan abad 21, dan pembinaan kompetensi guru melalui pelatihan berkelanjutan. Ketiga, Tantangan yang dihadapi meliputi kurangnya infrastruktur teknologi, resistensi terhadap perubahan, dan keterbatasan waktu untuk kolaborasi yang intensif. Meskipun demikian, kolaborasi ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran PAI, adaptasi terhadap kebutuhan regenerasi, dan peningkatan motivasi serta keterlibatan siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kolaborasi antara kepala sekolah dan guru PAI di Madrasah Aliyah NU 03 Sunan Katong merupakan kunci dalam pengembangan kurikulum yang relevan dan responsif terhadap tantangan zaman. Kata kunci: kolaborasi, strategi kepala sekolah, guru PAI, pengembangan kurikulum, Madrasah Aliyah NU 03 Sunan Katong.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:23
Last Modified: 31 Jul 2024 07:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35019

Actions (login required)

View Item View Item