OPTIMALISASI PERAN ZAKAT UNTUK PEMBERDAYAAN KEWIRAUSAHAAN (Studi Kasus di UPZISNU Desa Sawahan Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang)

Fadhillah, Dzulfa Nuril (2024) OPTIMALISASI PERAN ZAKAT UNTUK PEMBERDAYAAN KEWIRAUSAHAAN (Studi Kasus di UPZISNU Desa Sawahan Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30502000059_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30502000059_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengoptimalisasian peran zakat produktif untuk pemberdayaan kewirausahaan dan dampak dari pemberdayaan kewirausahaan di UPZISNU Desa Sawahan Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang, dari hal tersebut, maka penulis menelusuri: 1) Bagaimana upaya UPZISNU Desa Sawahan Kabupaten Rembang dalam memberdayakan kewirausahaan di Kabupaten Rembang?, 2) Bagaimana dampaknya bagi UMKM setelah adanya penyaluran zakat dari UPZISNU Desa Sawahan Kabupaten Rembang? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana data langsung diambil dari sumber dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan data dan informasi berdasarkan fakta-fakta yang diperoleh dilapangan mengenai pengoptimalisasian peram zakat untuk pemberdayaan kewirausahaan di UPZISNU Desa Sawahan dan dampak dari penyaluran zakat tersebut untuk pemberdayaan kewirausahaan di UPZISNU Desa Sawahan. Dimana nantinya diharapkan dapat memberikan gambaran dan memperoleh data yang diperoleh. Pada hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa optimalisasi peran zakat untuk pemberdayaan kewirausahaan yaitu melalui program pendayaagunaan zakat produktif untuk pemberdayaan kewirausahaan. Program ini bertujuan untuk pemberdayaan kewirausahaan, membantu masyarakat membangun perekonomian guna menopang kebutuhan hidup sehari-hari, dan meningkatkan taraf hidup dan menjadikan mustahik menjadi muzakki. Program ini memiliki pengaruh terhadap pemberdayaan kewirausahaan dengan adanya peningkatan hasil usaha, mempunyai pengahsilan tetap, mensejahterakan kehidupan dan dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari. Selain itu juga menumbuhkan sikap kemandirian, disiplin, dan tanggung jawab. Kata Kunci: Peran Zakat, Pemberdayaan Kewirausahaan, UPZISNU Desa Sawahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:13
Last Modified: 31 Jul 2024 01:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35015

Actions (login required)

View Item View Item