PERAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP PENINGKATAN KOMITMEN BERKELANJUTAN DAN KINERJA SDM PENGELOLA PERSAMPAHAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT

Yulianti, Agi (2024) PERAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP PENINGKATAN KOMITMEN BERKELANJUTAN DAN KINERJA SDM PENGELOLA PERSAMPAHAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402200165_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402200165_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)

Abstract

Pentingnya pengelolaan persampahan di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat menuntut Pemerintah Daerah khususnya Dinas Lingkungan Hidup untuk menjamin peningkatan kinerja pengelolaan persampahan khususnya peningkatan Sumber Daya Manusia. Faktor yang mempengaruhi salah satunya merupakan gaya kepemimpinan dan komitmen berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis bagaimana gaya kepemimpinan dan komitmen berkelanjutan mempengaruhi kinerja sumber daya manusia serta bagaimana gaya kepemimpinan mempengaruhi komitmen berkelanjutan petugas pengelola persampahan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif (Explanatory research). Populasi dari penelitian ini adalah petugas pengelola persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Barat. Pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling dengan metode pengambilan sampel cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 175 sampel dan keseluruhan hasil kuesioner sampel dapat di olah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik data menggunakan metode PLS-SEM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan gaya kepemimpinan dan komitmen berkelanjutan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja sumber daya manusia. Selanjutnya gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen berkelanjutan. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Komitmen Berkelanjutan, Kinerja Sumber Daya Manusia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:21
Last Modified: 31 Jul 2024 07:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35014

Actions (login required)

View Item View Item