PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MELALUI BUDAYA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK (Studi empiris pada Sekolah Menengah Pertama se-Kabupaten Kotawaringin Barat)

NGARIYAH, NGARIYAH (2024) PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MELALUI BUDAYA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK (Studi empiris pada Sekolah Menengah Pertama se-Kabupaten Kotawaringin Barat). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402200163_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402200163_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kausalitas antara variabel mutu sekolah melalui budaya sekolah dan kompetensi pedagogik. Sampel penelitian ini terdiri dari 131 responden yang merupakan Guru SMP di Kabupaten Kotawaringin Barat. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan menggunakan pengukuran interval pada skala 1 hingga 5. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa budaya sekolah memberikan pengaruh positif terhadap mutu sekolah. Selain itu, budaya sekolah juga memberikan pengaruh positif terhadap kompetensi pedagogik guru, dan kompetensi pedagogik guru memberikan pengaruh positif terhadap mutu sekolah. Variabel kompetensi pedagogik guru tidak berperan sebagai variabel mediasi, yang berarti bahwa pengaruh budaya sekolah terhadap mutu sekolah lebih dominan secara langsung daripada melalui mediasi kompetensi pedagogik guru. Penemuan ini memberikan wawasan yang penting dalam pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi mutu sekolah di lingkungan pendidikan menengah. Implikasi manajerial dari hasil penelitian ini adalah perlunya fokus pada pengembangan budaya sekolah yang positif dan peningkatan kompetensi pedagogik guru sebagai strategi untuk meningkatkan mutu sekolah secara langsung. Kata kunci : Mutu Sekolah; Budaya Sekolah; Kompetensi Pedagogik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:21
Last Modified: 31 Jul 2024 07:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35012

Actions (login required)

View Item View Item