MODEL PENINGKATAN KEPUASAN PUBLIK Study Empirik Peran Kinerja Pelayanan dan Kepercayaan Publik Pada Penerbitan Izin Usaha Mikro Kecil

Istiqlalia, Risa (2024) MODEL PENINGKATAN KEPUASAN PUBLIK Study Empirik Peran Kinerja Pelayanan dan Kepercayaan Publik Pada Penerbitan Izin Usaha Mikro Kecil. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402200153_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402200153_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh kinerja pelayanan (service quality performance) terhadap kepuasan publik (publik satisfaction) dan kepercayaan publik (publik trust), serta pengaruh kepercayaan publik terhadap kepuasan publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatory research, yang bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja kualitas layanan, kepuasan masyarakat, dan kepercayaan publik. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh pelaku usaha yang mengajukan dan yang telah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) di Kabupaten Kotawaringin Barat, dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, berdasarkan kriteria tertentu, yaitu pelaku UMKM yang telah mengajukan dan memiliki NIB, serta penduduk asli Kabupaten Kotawaringin Barat. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala penilaian 1-5. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan publik dan kepercayaan publik. Selanjutnya, kepercayaan publik juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan publik. Temuan ini mendukung teori kualitas layanan dengan menekankan pentingnya kinerja kualitas layanan dalam meningkatkan kepuasan dan kepercayaan publik. Peningkatan kepercayaan dapat dicapai melalui penyederhanaan prosedur, transparansi, kejelasan, dan kemudahan akses, yang merupakan kunci dalam membangun kepercayaan publik. Kata Kunci : kinerja pelayanan, kepuasan publik, kepercayaan publik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:57
Last Modified: 31 Jul 2024 01:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34992

Actions (login required)

View Item View Item