TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP DAN PSHYCOLOGICAL EMPOWERMENT DALAM PENINGKATAN INNOVATIVE WORK BEHAVIOUR SDM (Studi pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotawaringin Barat)

Jamri, Jamri (2024) TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP DAN PSHYCOLOGICAL EMPOWERMENT DALAM PENINGKATAN INNOVATIVE WORK BEHAVIOUR SDM (Studi pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotawaringin Barat). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402200136_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402200136_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara Transformational Leadership, Psychological Empowerment, dan Innovative Work Behavior di antara SDM Dinas Pendidikan dan Kebudataan Kabupaten Kotawaringin Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan Explanatory Research yang menekankan pada analisis hubungan antar variabel penelitian. Responden terdiri dari 70 pegawai, baik ASN maupun Tenaga Kontrak Daerah (PTD), yang dipilih secara acak. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner dengan menggunakan skala Likert 1 hingga 5 untuk mengukur tingkat setuju atau tidak setuju responden terhadap pernyataan yang diajukan. Analisis data dilakukan menggunakan permodelan persamaan structural dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa Transformational Leadership memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Psychological Empowerment pegawai. Selain itu, Transformational Leadership juga berpengaruh positif secara signifikan terhadap Innovative Work Behavior. Temuan lainnya adalah bahwa Psychological Empowerment pegawai juga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Innovative Work Behavior. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam memahami faktor-faktor yang memengaruhi perilaku kerja inovatif di lingkungan organisasi publik, khususnya dalam konteks Dinas Pendidikan dan Kebudataan. Implikasi manajerial dari temuan ini adalah pentingnya pengembangan kepemimpinan transformasional dan pemberdayaan psikologis pegawai sebagai strategi untuk meningkatkan kinerja inovatif di dalam organisasi. Kata kunci : Transformational Leadership; Psychological Empowerment; Innovative Work Behavior

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:52
Last Modified: 30 Jul 2024 02:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34965

Actions (login required)

View Item View Item