PENGALAMAN KERJA DAN PROFESSIONAL KERJA DALAM PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI DI BAPPEDALITBANG KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT

Mudyawati, Dewi (2023) PENGALAMAN KERJA DAN PROFESSIONAL KERJA DALAM PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI DI BAPPEDALITBANG KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402200132_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402200132_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pengalaman kerja dapat meningkatkan kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) dengan profesionalisme kerja sebagai pemediasi di Bappedalitbang Kabupaten Kotawaringin Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatory research, dengan populasi seluruh SDM perencana di Kabupaten Kotawaringin Barat. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Sensus, dan pengambilan data dilakukan melalui kuesioner dengan pengukuran interval menggunakan likert scale 1 hingga 5. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi Profesional Perencana memainkan peran penting sebagai mediator dalam hubungan antara Pengalaman Kerja dan Kinerja SDM. Ditemukan bahwa pengalaman kerja secara signifikan mempengaruhi kinerja SDM, sementara variabilitas pengalaman kerja juga berdampak pada tingkat profesionalisme kerja. Hasil ini menyoroti pentingnya pengalaman kerja dan kompetensi profesional dalam meningkatkan kinerja SDM di lingkungan Bappedalitbang. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja SDM di institusi pemerintahan, khususnya di bidang perencanaan pembangunan. Implikasi praktis dari temuan ini dapat membantu manajemen organisasi untuk merancang strategi pengembangan SDM yang lebih efektif, termasuk dalam hal pengalaman kerja dan peningkatan kompetensi profesional perencana. Kata Kunci: Pengalaman Kerja, Kompetensi Profesional, Kinerja SDM.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 Jul 2024 07:26
Last Modified: 29 Jul 2024 07:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34962

Actions (login required)

View Item View Item