PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, COMPETITOR ORIENTATION DAN CUSTOMER ORIENTATION TERHADAP KINERJA PEMASARAN DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada UMKM Batik di Kota Semarang)

Pratiwi, Tiara Cindy (2024) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, COMPETITOR ORIENTATION DAN CUSTOMER ORIENTATION TERHADAP KINERJA PEMASARAN DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada UMKM Batik di Kota Semarang). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402200114_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402200114_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin maju. Perkembangan UMKM yang berada di suatu daerah cukup mempengaruhi beberapa bidang sektor khususnya sektor bidang komoditas. Di era yang sudah maju, para pengusaha tidak ada alasan lagi untuk mengatakan bahwa mempromosikan barang itu sangat sulit, melainkan persaingan yang sudah meningkat. Setiap pengusaha harus mencari cara yang efektif dan efisien dalam pemasaran produknya agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing, competitor orientation dan customer orientation terhadap kinerja pemasaran dengan keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi. Data dikumpulkan secara sensus dari pemiliki UMKM Batik, sebanyak 115 orang responden. Metode Analisis menggunakan analisis Smart Partial Least Square untuk mengetahui hubungan antara pengaruh social media marketing, competitor orientation dan customer orientation terhadap kinerja pemasaran dengan keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa social media marketing competitor orientation dan customer orientation berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Social media marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, sedangkan competitor orientation, customer orientation dan keunggulan bersaing tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Kata Kunci : Social Media Marketing, Competitor Orientation, Customer Orientation, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:32
Last Modified: 30 Jul 2024 02:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34956

Actions (login required)

View Item View Item