PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN, PERSEPSI, DAN RELIGIUSITAS PADA WANITA PEKERJA DI KOTA SEMARANG TERHADAP PENGGUNAANm KOSMETIK HALAL

Primahana, Sheilanita Aulia (2024) PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN, PERSEPSI, DAN RELIGIUSITAS PADA WANITA PEKERJA DI KOTA SEMARANG TERHADAP PENGGUNAANm KOSMETIK HALAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Farmasi_33102000081_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Farmasi_33102000081_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)

Abstract

Jumlah populasi penduduk muslim di Indonesia mencapai 87,2% dari keseluruhan penduduk, kondisi ini menjadi dorongan bagi berbagai bidang industri untuk terus memproduksi produk bersertifikasi halal. Pada tahun 2017 jumlah perusahaan kosmetik halal hanya sebanyak 64 perusahaan dengan 3.341 produk. Tahun 2021 terjadi peningkatan sebanyak 245 perusahaan dengan 21.422 produk yang bersertifikasi halal, terjadi peningkatan 64%. Era ini pentingnya label halal dalam suatu produk menjadi pertimbangan dalam keputusan pembelian. Hal ini dipengaruhi oleh pengetahuan yang menimbulkan persepsi individu pada suatu produk. Sedangkan religiusitas merupakan ajaran yang dianut dan dipercayai oleh pemeluknya sebagai pedoman dalam berperilaku. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, persepsi, dan religiusitas wanita pekerja di Kota Semarang terhadap penggunaan kosmetik halal. Penelitian ini memakai rancangan penelitian cross sectional analitik. Populasi dalam penelitian yakni wanita pekerja yang berdomisili di Kota Semarang. Sampel yang dipakai merupakan wanita pekerja yang pernah menggunakan kosmetik berlabel halal sebanyak 111 responden. Teknik sampling yang digunakan yakni snowball sampling dengan menyebarkan angket secara online melalui google form. Hasil penelitian diperoleh yakni pengetahuan, persepsi, dan religiusitas secara simultan berpengaruh terhadap penggunaan kosmetik halal sebesar 0,469, kondisi ini berarti pengaruh ketiga variabel sebesar 46,9% dengan persepsi sebagai variabel dominan sebesar 23,7%, pengetahuan 9,6% dan religiusitas 13,5%. Kesimpulan penelitian ini ialah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada variabel pengetahuan, persepsi, serta religiusitas berpengaruh terhadap penggunaan kosmetik halal wanita pekerja di Kota Semarang. Penelitian selanjutnya diupayakan bisa menambah variabel yang bervariatif dan menggunakan sampel yang berbeda sehingga menjadi keterbaruan penelitian. Kata Kunci: Pengetahuan, Persepsi, Religiusitas, Kosmetik, Halal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Fakultas Farmasi > Farmasi
Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:18
Last Modified: 30 Jul 2024 03:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34946

Actions (login required)

View Item View Item