PENGARUH KOMITMEN AFEKTIF, MOTIVASI SPIRITUAL, DAN KEPEMIMPINAN ISLAMI TERHADAP KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA (Studi Pada Perangkat Desa Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo)

Pariastuti, Asih (2024) PENGARUH KOMITMEN AFEKTIF, MOTIVASI SPIRITUAL, DAN KEPEMIMPINAN ISLAMI TERHADAP KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA (Studi Pada Perangkat Desa Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402200063_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402200063_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji komitmen afektif, motivasi spiritual, kepemimpinan islami, dalam mempengaruhi kinerja sumber daya manusia. Untuk menguji variabel tersebut peneliti melakukan penelitian ini dengan menggunakan metode survei yaitu sampel sebanyak 170 perangkat desa di Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menganalisis lima hipotesis menggunakan pemodelan SEM PLS sebagai alat analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen afektif tidak mempengaruhi kinerja sumber daya manusia, sedangkan motivasi spiritual berpengaruh terhadap komitmen afektif, akan tetapi motivasi spiritual tidak berpengaruh terhadap kinerja sumber daya manusia. Kepemimpinan islami berpengaruh terhadap motivasi spiritual, dan kepemimpinan islami berpengaruh terhadap kinerja sumber daya manusia. Implikasi manajerial dari hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan perangkat desa Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo untuk menciptakan strategi-strategi dalam upaya meningkatkan kinerja sumber daya manusia antara lain dengan: meningkatkan keterlibatan sumber daya manusia, meningkatkan rasa memiliki dan tujuan yang lebih tinggi, meningkatkan kesejahteraan sumber daya manusia, menciptakan lingkungan kerja yang lebih positif dan kondusif dengan menerapkan prinsip-prinsip Islam seperti keadilan, kesetaraan, dan transparansi, membangun kepercayaan dan hubungan yang kuat antara pimpinan dan sumber daya manusia dengan menerapkan kepemimpinan islami, pemimpin islami yang menginspirasi dan memberikan teladan yang baikdapat mendorong sumber daya manusia untuk bekerja lebih keras dan mencapai tujuan bersama, memberikan pelatihan kepada pemimpin tentang prinsip-prinsip kepemimpinan islami dan bagaimana menerapkannya di tempat kerja. Kata kunci: kinerja sumber daya manusia, komitmen afektif, motivasi spiritual, kepemimpinan islami

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 Jul 2024 07:07
Last Modified: 29 Jul 2024 07:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34939

Actions (login required)

View Item View Item