FORMULASI SEDIAAN KRIM PENANGKAP RADIKAL BEBAS BERBAHAN AKTIF EKSTRAK BUAH JAMBU BIJI MERAH (Psidium guajava L.) TANPA KULIT DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DPPH

Aji, Bayu Purnomo (2024) FORMULASI SEDIAAN KRIM PENANGKAP RADIKAL BEBAS BERBAHAN AKTIF EKSTRAK BUAH JAMBU BIJI MERAH (Psidium guajava L.) TANPA KULIT DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DPPH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Farmasi_33101800019_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Farmasi_33101800019_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)

Abstract

Krim ekstrak buah jambu biji merah (Psidium guajava L.) terbukti memiliki aktivitas antioksidan pada uji DPPH, namun belum ada penelitian titrasi iodimetri atau penentuan kadar vitamin C. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas antioksidan dari krim ekstrak buah jambu biji merah (Psidium guajava L.) dengan menggunakan metode DPPH. Penelitian ini menggunakan desain post test only control group design dengan tahapan ekstraksi (maserasi), skrinig fitokimia, pembuatan krim, evaluasi sediaan krim, dan uji aktivitas antioksidan DPPH. Parameter antioksidan berupa selisih nilai IC50 yang dihasilkan pada perhitungan absorbansi dan dianalisis menggunakan one way ANOVA, jika adanya perbedaan bermakna maka dilakukan uji non parametrik yaitu kruskal wallis dan dilanjutkan dengan mann whitney. Hasil penelitian rendemen ekstrak sebesar 21,6%. Hasil skrining fitokimia pada ekstrak buah jambu biji tanpa kulit mengandung senyawa polifenol dan asam askorbat. Parameter aktivitas antioksidan berupa nilai IC50 pada krim ekstrak buah jambu biji merah tanpa kulit mendapatkan hasil 66,23 dimana masuk dalam rentang aktivitas antioksidan yang sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah krim ekstrak jambu biji merah tanpa kulit memiliki aktivitas antioksidan yang sedang. Kata Kunci : Aktivitas Antioksidan, Buah Jambu Biji Merah, Ekstrak Jambu Biji Merah, DPPH.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Fakultas Farmasi > Farmasi
Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:24
Last Modified: 30 Jul 2024 03:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34930

Actions (login required)

View Item View Item