Aktivitas Pemasaran Media Sosial Terhadap Brand Equity: Analisis Mediasi Brand Experience Di Sektor Perbankan Swasta Indonesia

INDAH, NOER (2024) Aktivitas Pemasaran Media Sosial Terhadap Brand Equity: Analisis Mediasi Brand Experience Di Sektor Perbankan Swasta Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Manajemen_30402200268_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Manajemen_30402200268_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor faktor yang mempengaruhi brand equity. Faktor penentu yang dipertimbangkan adalah aktivitas pemasaran media sosial dan brand experience. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik non probability sampling (purposive sampling) yaitu dengan menyebarkan kuesioner dengan responden memiliki kriteria tertentu yaitu menjadi nasabah bank tersebut setidaknya 1 tahun dan mengikuti halaman media sosial bank tersebut sebanyak 100 responden. Metode analisis data ini menggunakan teknik analisis regresi linear, dengan ala uji statistik SPSS 25, analisis ini digunakan untuk mengukur pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil yang ditemukan bahwa aktivitas pemasaran media sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand equity. Aktivitas pemasaran media sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand experience baik dari dimensi sensorik, afektif, intelektual, maupun perilaku. Brand experience baik dari dimensi sensorik, afektif, intelektual, maupun perilaku berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand equity. Aktivitas pemasaran media sosial adalah variabel yang paling signifikan terhadap brand equity, namun dari aktivitas pemasaran media sosial pada brand experience afektif paling dominan dibanding brand experience di dimensi yang lain terhadap brand equity. Ini menyiratkan bahwa aktivitas pemasaran media sosial yang efektif dan menciptakan brand experience yang baik memainkan peran penting dalam meningkatkan brand equity. Dengan demikian, temuan ini memberikan wawasan yang penting untuk pemasar bank dalam meningkatkan ekuitas merek. Kata kunci: aktivitas pemasaran media sosial, brand experience sensorik, brand experience afektif, brand experience intelektual, brand experience perilaku, brand equity

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:41
Last Modified: 29 Jul 2024 06:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34910

Actions (login required)

View Item View Item