PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MEREFERENSIKAN DENGAN KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Daroini, Nayla An’umi (2024) PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MEREFERENSIKAN DENGAN KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Manajemen_30402000263_fullpdf.pdf

Download (944kB)
[img] Text
Manajemen_30402000263_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi pengaruh kualitas layanan dan biaya pendidikan terhadap minat mereferensikan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Manfaat dari penelitian ini secara teoritis yaitu memberikan pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat mereferensikan serta dampaknya terhadap kampus. Sedangkan manfaat praktisnya yaitu mengembangkan strategi penerimaan mahasiswa baru, meningkatkan kualitas layanan meningkatkan, merespon kebutuhan mahasiswa, menciptakan lingkunagan yang positif apabila mahasiswa puas dapat mereferensikan kampusnya, sehingga penelitian ini dapat dijadikan dasar sebagai penelitian selanjutnya. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan responden sebanyak 100 orang melalui questioner. Teknik pengumpulan datanya yaitu non probability sampling dengan metode accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan menggunakan IBM SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan, biaya pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa, serta kualitas layanan, biaya pendidikan, dan kepuasan mahasiswa terhadap minat mereferensikan berpengaruh positif dan signifikan. Kepuasan mahasiswa mampu menjadi mediasi antara kualitas layanan dan biaya pendidikan terhadap minat mereferensikan. Pada uji analisis jalur kepuasan mahasiswa tidak mampu memberikan pengaruh tidak langsung antara kualitas layanan terhadap minat mereferensikan. Akan tetapi pada uji jalur kepuasan mahasiswa antara biaya pendidikan terhadap minat mereferensikan mampu memberikan pengaruh tidak langsung. Kata kunci : Kualitas Layanan, Biaya Pendidikan, Kepuasan Mahasiswa, dan Minat Mereferensikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:34
Last Modified: 26 Jul 2024 06:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34875

Actions (login required)

View Item View Item