PENGARUH FRAUD PENTAGON DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2022)

Kusumawardhani, Zidania Ainurrisa (2024) PENGARUH FRAUD PENTAGON DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31402000169_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31402000169_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh fraud pentagon dan good corporate governance terhadap kecurangan laporan keuangan. Fraud pentagon mencakup faktor-faktor seperti peluang, tekanan, kompetensi, rasionalisasi, dan arogansi. Dalam penelitian ini, faktor tekanan diproksikan dengan financial stability dan external pressure, sedangkan peluang diproksikan dengan nature of industry. Rasionalisasi diproksikan dengan change in auditor, sedangkan kompetensi diproksikan dengan change in director. Selanjutnya faktor arogansi diproksikan dengan frequent number of ceo’s picture. Proksi untuk good corporate governance pada penelitian ini adalah dewan komisaris, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2018-2022. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria tertentu dan menghasilkan sampel dengan jumlah 30 perusahaan. Metode analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi logistik dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nature of industry dan change in auditor berpengaruh positif terhadap kecurangan laporan keuangan. Financial stability, external pressure, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadap kecurangan laporan keuangan. Sedangkan change in director, frequent number of CEO’s picture, dan dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Kata kunci : Fraud, fraud pentagon, dewan komisaris, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:48
Last Modified: 25 Jul 2024 02:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34774

Actions (login required)

View Item View Item