PERAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DALAM MEMODERASI UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, KEBIJAKAN DEVIDEN TERHADAP MANAJEMEN LABA

Oktaviani, Yuni (2024) PERAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DALAM MEMODERASI UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, KEBIJAKAN DEVIDEN TERHADAP MANAJEMEN LABA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31402000163_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31402000163_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Kepemilikan Institusional Dalam Memoderasi Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Deviden Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019 - 2022). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019 sampai dengan tahun 2022. Sampel perusahaan dalam penelitian ini dipilih dengan metode purposive sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 47 x 4 yaitu 188 perusahaan perbankan. Teknik pengujian data adalah dengan menggunakan analisis Moderating Regression Analysis (MRA). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang didapatkan dari Bursa Efek Indonesia (BEI) serta menelusuri laporan tahunan yang terpilih menjadi sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan secara statistik berpengaruh negativef signifikan terhadap manajemen laba, variabel profitabilitas secara statistik berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba, variabel kebijakan dividen secara statistik berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba, variabel kepemilikan institusional dapat memoderasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap manajemen laba, variabel kepemilikan institusional dapat memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap manajemen laba, kepemilikan institusional dapat memoderasi pengaruh kebijakan dividen terhadap manajemen laba. Kata kunci : ukuran perusahaan, profitabilitas, kebijakan dividen, kepemilikan institusional, manajemen laba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Jul 2024 01:20
Last Modified: 26 Jul 2024 01:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34773

Actions (login required)

View Item View Item