PENGARUH AKTIVITAS INVESTASI, AKTIVITAS OPERASIONAL, DAN AKTIVITAS PENDANAAN TERHADAP CASH HOLDING (Studi Empiris Perusahaan Sektor Industri Konsumsi Yang Terdaftar di BEI Periode 2019-2022)

Kurniawati, Wiwin (2024) PENGARUH AKTIVITAS INVESTASI, AKTIVITAS OPERASIONAL, DAN AKTIVITAS PENDANAAN TERHADAP CASH HOLDING (Studi Empiris Perusahaan Sektor Industri Konsumsi Yang Terdaftar di BEI Periode 2019-2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31402000158_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Akuntansi_31402000158_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh aktivitas investasi, aktivitas operasi, dan aktivitas pendanaan terhadap cash holding. Variabel independen pada penelitian ini yaitu pengaruh investment opportunity, net working capital, profitabilitas, cash conversion cycle, growth opportunity, dan leverage. Variabel dependen pada penelitian ini yaitu cash holding. Populasi pada penelitian ini yaitu perusahaan sektor industri konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019 sampai 2022. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Perusahaan yang memenuhi kriteria yang sudah ditentukan sebanyak 39 perusahaan, sehingga diperoleh sebanyak 156 sampel. Data pada penelitian ini menggunakan data sekunder. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis linier berganda dengan bantuan software IMB SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel investment opportunity, net working capital, profitabilitas, cash conversion cycle, growth opportunity, dan leverage berpengaruh terhadap cash holding. Secara parsial, variabel net working capital dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap cash holding. Sedangkan, variabel investment opportunity, cash conversion cycle, cash flow, growth opportunity, dan leverage tidak berpengaruh terhadap cash holding. Kata kunci : Cash Holding, Investment Opportunity, Net Working Capital, Profitabilitas, Cash Conversion Cycle, Cash Flow, Growth Opportunity, dan Leverage

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:17
Last Modified: 25 Jul 2024 07:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34770

Actions (login required)

View Item View Item