ANALISIS PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, FREE CASH FLOW, OPERATING CASH FLOW DAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2019-2022)

SYAHARANI, SYAHARANI (2023) ANALISIS PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, FREE CASH FLOW, OPERATING CASH FLOW DAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2019-2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31402000145_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31402000145_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)

Abstract

Manajemen laba merupakan suatu tindakan perusahaan dalam menaikkan atau menurunkan laba sebelum melakukan laporan keuangan dan tindakan tersebut dilakukan oleh pihak manajemen perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh leverage, ukuran perusahaan, free cash flow, operrating cash flow, dan islamic social reporting terhadap manajemen laba. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Index 2019-2022. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai wacana dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya pada bidang akuntansi keuangan. Manfaat praktis penelitian ini bagi perusahaan yaitu sebagai wacana masukan bagi perusahaan untuk pengambilan keputusan dalam menganalisis laporan keuangan. Bagi Investor dan Calon Investor diharapkan dapat memberikan wacana masukan dan informasi bagi para investor dan calon investor dalam pengambilan keputusan pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan perolehan sampel sebanyak 58 sampel. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 26 dengan metode regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa leverage tidak terbukti berpengaruh terhadap manajemen laba, ukuran perusahaan tidak terbukti berpengaruh terhadap manajemen laba, free cash flow tidak terbukti berpengaruh terhadap manajemen laba, operating cash flow terbukti berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba, dan islamic social reporting tidak terbukti berpengaruh terhadap manajemen laba. Saran peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperluas penggunaan sampel dan penambahan tahun pengamatan yang lebih panjang, sehingga dapat memperoleh hasil penelitian yang mampu memberikan penjelasan secara luas terkait manajemen laba dan peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel-variabel yang diprediksi dapat mempengaruhi manajemen laba. Seperti Islamic Corporate Governance (ICG) yang merujuk pada penelitian (Agus Purwanto & Amirul Arif, 2020), pada penelitian tersebut menyatakan bahwa ICG berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba dengan kesimpulan jika ICG suatu perusahaan semakin tinggi maka praktik manajemen laba akan menurun dan sebaliknya jika ICG suatu perusahaan rendah maka penerapan manajemen laba semakin meningkat. Kata kunci : Manajemen Laba; Leverag; Ukuran Perusahaan; Free Cash Flow; Operating Cash Flow; Islamic Social Reporting

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2024 03:23
Last Modified: 25 Jul 2024 03:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34765

Actions (login required)

View Item View Item