ANALISIS DETERMINAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (Studi Empiris Pada Puskesmas di Kabupaten Pati)

Mutatsasyifa, Lyna Fauziah (2024) ANALISIS DETERMINAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (Studi Empiris Pada Puskesmas di Kabupaten Pati). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31402000091_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31402000091_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis determinan Kompetensi Sumber Daya Manusia, Standar Akuntansi Pemerintah, Sistem Pengendalian Internal, dan Teknologi Informasi terhadap Kualitas Informasi Laporan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (Studi Empiris pada Puskesmas di Kabupaten Pati). Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah perbedaan bentuk laporan keuangan BLUD dengan OPD sehingga terdapat keterbatasan sumber daya manusia yang memadai di bidang keuangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 29 Puskesmas di Kabupaten Pati. Sampel pada penelitian ini adalah staff bagian keuangan di setiap Puskesmas. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung melalui penyebaran kuesioner di Puskesmas Kabupaten Pati. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji F (Goodness Of Fit), Uji t (Siginifikansi Parameter Individual) dan Uji R² (Koefisien Determinasi). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kompetensi Sumber Daya Manusia, Standar Akuntansi Pemerintah, Sistem Pengendalian Internal, dan Teknologi Informasi memiliki pengaruh positif terhadap Kualitas Informasi Laporan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah. Kata Kunci : Kompetensi Sumber Daya Manusia, Standar Akuntansi Pemerintah, Sistem Pengendalian Internal, Teknologi Informasi, Kualitas Informasi Laporan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:16
Last Modified: 25 Jul 2024 07:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34747

Actions (login required)

View Item View Item