PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Jalan Kerja/Logistik Lingkar Sepaku 4, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur)

WARDHANI, SHELLY PUSPITA AYU (2024) PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Jalan Kerja/Logistik Lingkar Sepaku 4, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202200037_fullpdf.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202200037_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)

Abstract

Sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja merupakan konsep manajemen yang bertujuan menjaga keselamatan dan kesehatan tenaga kerja serta menciptkan lingkungan kerja yang efektif, aman, dan produktif. Tujuan dari SMK3 untuk mencegeah kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dengan menerapkan sistem yang meningkatkan kinerja keselamatan dan kesehatan kerja di berbagai pekerjaan melalu partisipasi aktif para pekerja.Penerapan SMK3 bertujuan menciptakan kegiatan keselamatan dan kesehatan kerja yang terencana dan terintegrasi untuk mengendalikan resiko di tempat kerja.tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi SMK3 sudah sesuai dengan PP No 50 tahun 2012, dan mengetahui penerapan dan tingkat keberhasilan SMK3 pada proyek pembangunan jalan lingkar sepaku 4 dan untuk mengetahui usaha dan strategi yang sudah dilakukan untuk meningkatkan penerapan SMK3 pada proyek tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendiskripsikan secara menyeluruh mengenai penerapan sistem manajemen dan keselamatan kerja yang kemudian menilai tingkat keberhasilan penerapan sistem manajamen keselamatan dan kesehatan kerja pada proyek pembangunan jalan lingkar sepaku. Analisis penilaian mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012 tentang penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja yang sebagaimana di sebutkan dalam pasal 16 dan pasal 17 serta dijelaskan lebih lanjut pada lampiran dua mengenai landasan menilai dengan menganalisi tingkat keberhasilan penerapan sistem manajemen kelematan dan kesehatan kerja pada proyek terkait dengan presentase kurang, baik dan memuaskan. Hasil penelitian penerapan sistem manajemen kesehatan dan keselamatn kerja pada proyek pembangunan jalan lingkar sepaku 4 telah berhasil mengimplementasikan lima prinsip penerapan Sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja dengan presentase penilaian 90.96% dengan predikat memuaskan menurut peraturan pemerintah nomor 50 tahun 2012 tentang penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja. Kata Kunci : Penerapan Sistem Manajemen Kesehatan Kerja, Keberhasilan Sistem Manajemen Kesehatan Kerja

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:39
Last Modified: 24 Jul 2024 06:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34738

Actions (login required)

View Item View Item