ANALISIS POTENSI LIKUIFAKSI DAN DAYA DUKUNG FONDASI TANAH BERDASARKAN DATA N-SPT (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung Informatika Politeknik Negri Cilacap)

Maharani, Ifa Agustin (2024) ANALISIS POTENSI LIKUIFAKSI DAN DAYA DUKUNG FONDASI TANAH BERDASARKAN DATA N-SPT (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung Informatika Politeknik Negri Cilacap). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202200018_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202200018_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)

Abstract

Politeknik Negeri Cilacap sedang memperluas wilayahnya dengan membangun Gedung Teknik Informatik. Tanah memegang peranan krusial dalam proyek konstruksi. Jadi diperlukan perhitungan untuk mengetahui daya dukung, penurunan dan potensi likuifaksi, bahwa Kota Cilacap memiliki potensi ternjadi likuifaksi terletak lempeng Samudera Hindia dan lempeng Eurasia yang rentan terhadap tumbukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui daya dukung fondasi dan juga potensi likuifaksi pada proyek pebangunan tersebut. Penelitian ini akan menggunakan metode CRR dan CSR untuk menganalisis potensi likuifaksi. Untuk menghitung daya dukung fondasi menggunakan metode Mayerhoft dan Reese and Wright, aplikasi Plaxis juga akan digunakan untuk menghitung penurunan fondasi. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa Daya Dukung Aksial ( Mayerhoft) 173,8304 ton Daya Dukung Aksial (Reese and Wright) 266,27 ton Daya dukung Lateral 399,36 ton Penuruan ( Vesic) 13,253 mm Penurunan (Plaxis) 12,58 mm. Dalam kasus ini, terdeteksi adanya potensi likuifaksi pada kedalaman 8 meter dengan magnitudo gempa sebesar 9,5. Hal ini karena Kota Cilacap termasuk daerah yang rentan terhadap likuifaksi dengan kapasitas tinggi dan sedang menurut Badan Geologi dan Tata Lingkungan. Likuifaksi juga menghasilkan gesekan selimut negatif yang mempengaruhi daya dukung fondasi. Kata Kunci : Fondasi Dalam, Likuifaksi, Daya Dukung

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:38
Last Modified: 24 Jul 2024 06:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34737

Actions (login required)

View Item View Item